Ini yang Perlu Kamu Tahu Tentang Vaksinasi Gotong Royong Individu

Ilustrasi Gambar (Canva)

Ilustrasi Gambar (Canva)

Like

Kamis (15/7), dilansir dari SehatNegeriKu. Vaksinasi gotong royong individu sedang ramai dibicarakan. Vaksinasi gotong royong individu ini dinilai bisa dilakukan secara lebih efektif, efisien, dan akuntabel.

Makanya, pemerintah perlu menyusun sebuah petunjuk teknis yang mengatur lebih detail pelaksanaannya. Kementerian Kesehatan bersama dengan Kementerian BUMN dan PT Biofarma Persero saat ini sedang bersama-sama menyiapkan petunjuk teknis vaksinasi tersebut.

"Fasilitas pelayanan kesehatan yang telah melaksanakan vaksinasi gotong-royong individu kami minta untuk menunggu dulu dikeluarkannya petunjuk teknis pelaksanaan,” kata Juru Bicara Penanganan COVID-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers virtual, Selasa (13/7).

Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota juga diketahui menunggu petunjuk teknis yang akan segera ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan sebelum memberikan User ID kepada fasilitas pelayanan kesehatan yang melayani vaksinasi gotong-royong individu ini.

Baca Juga: Heboh Soal Booster Vaksin, Apa Itu?


Vaksinasi gotong royong ini sifatnya tidak wajib dan tidak menghilangkan hak masyarakat untuk memperoleh vaksin gratis melalui program vaksinasi pemerintah.

Dari sisi pelaksanaannya, vaksinasi gotong royong ini tidak akan mengganggu vaksinasi program pemerintah, karena ada perbedaan mulai dari jenis vaksin, fasilitas kesehatan, serta tenaga kesehatan.

Kemenkes menyebutkan, jenis vaksin yang digunakan untuk vaksinasi gotong royong individu hanya menggunakan vaksin merk Sinopharm. Sementara itu, vaksin program pemerintah menggunakan merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavak, termasuk juga vaksin Sinopharm hibah dan vaksin Moderna yang juga hibah dari COVAC Facility.

Semakin banyak orang yang mendapatkan vaksinasi dan semakin cepat pelaksanaan vaksinasi itu, maka laju penularan akan cepat dikendalikan. Termasuk situasi saat ini, di mana seiring terjadi lonjakan kasus, maka percepatan vaksinasi adalah salah satu strategi untuk menurunkan laju penularan COVID-19.

Gimana menurut kamu soal vaksinasi gotong royong individu ini, Be-emers?