Heboh Soal Booster Vaksin, Apa Itu?

Vaksin Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Vaksin Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Vaksin sangat dibutuhkan tubuh kita untuk melawan virus, terutama di saat pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Di tengah gencarnya vaksin, rupanya booster vaksin menyita perhatian publik nih, apa itu?

Booster yakni kata lain dari dosis. Nah, booster vaksin ini, dilansir Bisnis, berfungsi sebagai dosis tambahan yang dinilai bisa memperkuat perlindungan tubuh. Selain itu, booster vaksin juga menawarkan lebih banyak sifat defensif pada sistem imun untuk mencegah virus.

Dengan kata lain, kamu yang sudah vaksin, bisa saja mendapatkan dosis vaksin tambahan dengan adanya booster vaksin ini, Be-emers.

Menurut para ahli sih, tujuan dari booster vaksin ini untuk meningkatkan kekebalan terhadap antigen kembali ke tingkat perlindungan setelah antigen itu menurun seiring berjalannya waktu. Selain itu, booster vaksin juga bisa digunakan dalam waktu lama.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Meningkat, Indonesia Izinkan Penggunaan Vaksin Sinovac pada Anak
 

Apakah Ada Efek Samping dari Booster Vaksin?

Disebutkan Times of India, booster vaksin mengandung fragmen mRNA yang enggak aktif atau diubah, sehingga enggak akan melemahkan sistem kekebalan. Selain itu, dosisnya juga bisa disesuaikan sesuai kebutuhan spesifik.


Nantinya setelah disuntikkan, booster vaksin akan memicu sel-sel memori kerja dalam tubuh yang mengingat infeksi dan mutasi spesifik yang mengkhawatirkan. Dengan begitu, suntikan bisa sangat berguna terhadap varian asli virus Covid-19 beserta varian virus mutasinya.

Dosis tambahan dari vaksin tersebut pun bisa meningkatkan pertahanan kekebalan terhadap varian asli Covid-19. Selain itu, booster vaksin juga dapat mendorong lebih banyak antibodi.

Bahkan, jika kita terkena varian Covid-19 yang berbeda, booster vaksin dinilai bisa memberikan pertahanan kekebalan yang diperlukan oleh tubuh kita lho!

 

Vaksin Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Vaksin Illustration Web Bisnis Muda - Canva

 

Orang yang Membutuhkan Booster Vaksin

Vaksin yang didapat oleh masyarakat mungkin dinilai masih belum efektif melawan Covid-19. Namun, dengan vaksin, tubuh kita jauh lebih bisa bertahan terhadap serangan virus dibanding dengan tidak divaksin sama sekali lho!

Untuk itu, vaksin itu penting banget dibutuhkan sama tubuh kita nih, Be-emers. Memang sih, sudah ada booster vaksin.

Meski begitu, petugas kesehatan dan staf garda terdepan Covid-19 dinilai menjadi orang yang paling diprioritaskan dan membutuhkan booster vaksin ini, Be-emers. Soalnya, mereka harus menghadapi tingkat paparan yang sangat tinggi terhadap virus Covid-19.

Baca Juga: Morgan Stanley Enggak Izinkan Siapapun Masuk Kantornya Kalau Belum Vaksin!

Adapun, hingga saat ini sebenarnya WHO menyatakan kalau booster vaksin belum urgent dibutuhkan. Percampuran dosisnya pun belum ada konsesus di antara para ilmuan.

Makanya, hingga kini, para ahli pun masih menunggu bukti yang lebih konkret lagi, sebelum sepenuhnya menganjurkan pemakaian booster vaksin.

Gimana, menurut kamu perlu enggak sih ada booster vaksin?