Zoom Akuisisi Five9 Senilai US$14,7 Miliar! Ini Tujuannya

Zoom Akuisisi Five9 Illustration Bisnis Muda - Canva

Zoom Akuisisi Five9 Illustration Bisnis Muda - Canva

Like

Zoom menjadi salah satu aplikasi yang semakin populer eksistensinya di tengah pandemi Covid-19. Seiring dengan hal itu, ternyata Zoom dikabarkan sepakat untuk mengakuisisi Five9 senilai US$14,7 miliar nih.

Dikabarkan Bloomberg, Zoom Video Communications Inc. mengakuisisi Five9 Inc. senilai US$14,7 miliar, menggunakan sahamnya yang melonjak untuk berekspansi ke pasar yang berdekatan.

Apa saja tujuan Zoom dalam akuisisi Five9 tersebut?

Akuisisi tersebut, dikutip Bloomberg, bertujuan untuk meningkatkan pendapatan Zoom. Selain itu, Zoom juga menargetkan bahwa Five( bakal menjadi unit operasi Zoom  setelah akuisisi itu resmi disepakati.

Baca Juga: 4 Perbedaan Aplikasi Zoom dan Google Meet yang Wajib Kamu Tahu
 

Upaya Eksistensi Zoom

Di satu sisi, disebutkan bahwa Zoom telah mencari cara untuk terus tumbuh ketika pekerja mulai kembali ke kantor dan siswa kembali ke sekolah. Makanya, kesepakatan dengan Five9 dinilai bakal membantu memperluas penawaran ke klien bisnis dan perusahaan yang lebih menguntungkan.


Sekedar info, Five9, yang berbasis di San Ramon, California itu merupakan perusahaan yang membuat perangkat lunak berbasis cloud. Five9 menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu perusahaan menjawab pertanyaan dari pelanggan dan berinteraksi dengan mereka terlepas dari bahasa, lokasi, atau perangkat.

 

Zoom Akuisisi Five9 Illustration Bisnis Muda - Canva

Zoom Akuisisi Five9 Illustration Bisnis Muda - Canva



Diketahui dari Bloomberg, menurut pernyataan Five9, pasar untuk pusat panggilan pelanggan berbasis cloud diperkirakan mencapai US$24 miliar lho! Seiring dengan hal itu, Zoom dan Five9 bertujuan untuk lebih bersaing dengan perusahaan serupa seperti Cisco Systems Inc., RingCentral Inc. dan Amazon.com Inc..

Adapun, Zoom makin eksis setelah pandemi melanda pada awal 2020, yang mana semua orang harus menggunakan layanan untuk terhubung dari jarak jauh ke tempat kerja, sekolah, teman, dan keluarga. Namun, belakangan investor juga khawatir apakah pertumbuhan itu akan berlanjut seiring dengan vaksinasi yang meningkat.

Gimana menurut kamu? Apakah Zoom dan Five9 bakal bisa menyaingi perusahaan teknologi Cloud lainnya?