Vaksin Dosis 3 Diprioritaskan untuk Siapa? Ini Penjelasannya

Ilustrasi Gambar Vaksin Tenaga Kesehatan Covid-19 (Canva.com)

Ilustrasi Gambar Vaksin Tenaga Kesehatan Covid-19 (Canva.com)

Like

Sudah tahu belum kalau ada vaksin dosis ketiga? Ternyata, masih banyak yang salah kaprah lho terhadap keluarnya vaksin ke-3 ini.

Sejak tahun 2021 awal, di Indonesia, vaksin memang memiliki dua dosis yakni suntikan pertama dan kedua. Nah, untuk vaksin dosis ke-3, hal tersebut justru dikhususkan kepada Tenaga Kesehatan (nakes) terlebih dahulu nih, Be-emers.

Soalnya, tenaga kesehatan sangat dekat kepada pasien yang terpapar Covid-19 ini. Dengan adanya vaksin dosis ketiga, tentunya dinilai dapat memastikan tenaga kesehatan terlindungi secara maksimal dari Covid-19.

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmizi menegaskan, dosis ketiga vaksin Covid-19 ini diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia terlebih dahulu. untuk menambah proteksi pada nakes jadi diberikan suntikan ketiga yang cukup untuk membuat herd immunity yang cukup.
 

Jenis Vaksin

Jenis vaksin pada dosis ketiga ini berbeda dengan jenis vaksin yang digunakan pada vaksin program untuk masyarakat indonesia sebelumnya. Vaksin dosis ketiga ini menggunakan jenis vaksin Moderna.

Vaksin Moderna dinilai aman dan bermutu. Ada sebanyak 3.000.060 sampai 4.500.160 dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat yang tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu bulan lalu.


Baca Juga: Jadi Dosis Ketiga untuk Tenaga Kesehatan, Apa Itu Vaksin Moderna?


Vaksin ini dapat disuntikan kepada Tenaga Kesehatan, jika :
  • Para Tenaga Kesehatan terlebih dahulu sudah mendapatkan suntikan vaksin yang pertama dan kedua 
  • Tenaga Kesehatan sudah memiliki jeda waktu untuk bisa mendapatkan vaksisn dosis 3
  • Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 3-6 bulan pada suntikan kedua. 


Adapun, untuk saat ini, belum ada kajian tentang vaksinasi dosis ketiga untuk diberikan kepada masyarakat umum dan WHO juga tidak merekomendasikan untuk masyarakat umum.  Berdasarkan data dari Kemenkes, sudah ada kurang lebih sekitaran 5.414 vaksinasi yang dilakukan kepada tenaga kesehatan pada vaksin dosis ketiga.