Penting Atasi Hilang Ingatan! Tulislah Catatanmu di Atas Kertas

Penting, catat tulisanmu di atas kertas (Sumber gambar: bola.com)

Penting, catat tulisanmu di atas kertas (Sumber gambar: bola.com)

Like

Di era globalisasi ini hampir semua kegiatan dibantu dengan adanya teknologi. Termasuk dalam dunia catat mencatat yang kebanyakan orang sudah tidak menggunakan buku lagi.

Mereka lebih memilih melakukannya dengan bantuan teknologi seperti mengetik di komputer. Akan tetapi, faktanya menulis atau mencatat di buku jauh memiliki banyak manfaat dibandingkan mengetik nya di komputer.

Dilansir dari asiapulppaper.com, berikut beberapa manfaat kita mencatat atau menulis di buku:
 

Membantu Mengingat Lebih Mudah

Menulis merupakan suatu kegiatan yang dapat membantu kita ketika lupa. Seperti halnya menulis di buku. 

Kebiasaan menulis di buku, ternyata dapat membantu kita mengingat apa yang kita tulis dibandingkan dengan mengetik di komputer, tablet atau smartphone. 

Sebagaimana dilansir dari Universitas of Tokyo, didukung dengan penelitian studi yang dilakukan oleh para Neuroscientist dengan melakukan eksperimen di mana sekelompok orang dikumpulkan kemudian diminta untuk menuliskan sebuah jadwal.


Lalu setelah kembali satu jam, mereka diminta untuk menyebutkannya. Alhasil,  kelompok yang menulis di atas kertas lebih banyak mengingat dibandingkan dengan kelompok yang hanya menulis di layar gadget.
 

Membuatmu Lebih Aktif dan Kreatif

Tidak hanya sekedar membuat kita lebih dalam menulis, faktanya menulis di atas kertas membuat diri kita lebih aktif dan kreatif dalam mengolah tulisan. 

Terutama di masa pandemi ini, pembelajaran yang dilakukan jarak jauh harus mendorong anak untuk tetap menulis. Hal ini akan berpengaruh di sisi kognitifnya agar anak menjadi tumbuh aktif dan kreatif.

Meski berada di era digitalisasi, menulis di buku tidak membuat kita menjadi generasi yang tertinggal. Justru membuat kita menjadi lebih menyeimbangkan diri dalam menggunakan teknologi secara berlebihan. Selain itu, manfaatnya juga tetap dapat dirasakan sebagaimana penjelasan di atas. 

Yuk tetap aktif dan produktif di masa pandemi :)