Macam-Macam Platform Ads dan Keunggulannya!

Ilustrasi Gambar Bisnis Muda - Canva.com

Ilustrasi Gambar Bisnis Muda - Canva.com

Like

Di era pandemi kayak gini, kita harus pintar-pintar loh Be-emers menggunakan berbagai platform yang digital ini. Sebab, sudah banyak pasti para penjual untuk bisa berbisnis melalui online.

Apalagi, dengan trend-trend yang ada dan sudah banyak influencer untuk dapat membantu para penjual online. Para penjual online pun harus selalu update dengan trend yang ada, dengan kebutuhan promosi dalam jaringan yang menggunakan platform digital yang semakin hari semakin besar untuk dijangkau.

Dengan begitu, para penjual online juga harus memilki strategi dalam berjualan karena pastinya banyak sekali pesaing-pesaing ketat di dunia online ini.

Ada berbagai platform ads, yang bisa digunakan dalam digital marketing, antara lain:
 

Google Ads

Google adalah platform pencarian sesuatu terbesar di dunia dengan market share yang dapat menembus angka 90 persen. Dengan market share yang sangat besar tersebut, kita juga dapat mengharapkan jangkauan yang sangat luas dari berbagai iklan yang kita masukan atau kita promosikan melalui  platform ini.

Google juga sudah ada yang namanya Artificial Intelegence (AI) yang dapat memastikan iklan yang dijalankan atau dipromosikan dapat menjangkau pemirsa secara efektif dan meluas. Google juga memiliki real time biding, dynamic ads, dan automated biding.


Google Ads ada berada ditampilan pada hasil laman pencarian Google, berbagai website mitra seperti Youtube dan juga Blog serta portal berita. Di mana iklan tersebut akan bergantung pada jenis iklan apa yang kita pilih.


Beberapa jenis iklan pada Google Ads yang dapat dipilih, yaitu
  1. Google Search Network: tampilan google
  2. Google Display Network: yang berbentuk gambar dan banner
  3. Video: seperti Youtube, video discovery ads, bumper ads, stream ads, dan lain sebagainya.
  4. Iklan Aplikasi: seperti Google Play, Youtube, dan Google Display Network.

Dengan begitu Google Ads memiliki keunggulan, seperti Keunggulan yang utama dari Google Ads itu adalah dapat mendukung optimasi SEO (Search Engine Optimization), Google Ads juga memiliki fitur iklan Google Display Network yang memiliki jangkauan lebih luas, serta dapat dimanfaatkan ke sarana marketing juga.

Baca Juga: Google Ads VS The Trade Desk, Persaingan Sengit dalam Iklan Digital
 

Facebook Ads

Facebook adalah media sosial terbesar saat ini, karena facebook keluar lebih dulu dari pada media sosial lainnya.  Untuk sekarang, Facebook merupakan platform digital marketing untuk dapat melakukan bisnis yang dapat mencapai target sasaran yang luas.

Facebook juga dikenal berbagai macam jenis pengguna yang bervariasi. Secara garis besar pada iklan Facebook Ads dapat dipilih berdasarkan usia, gender, lokasi, besaran penghasilan, status perkawinan, kepemilikan rumah, ketertarikan, koneksi, tempat kerja, aksi spesifik yang diambil oleh pengguna.

Keunggulan dari Facebook Ads juga menguntukan kita sebagai pembeli loh dan penjual,  karena kita dapat dipermudah dan disesuaikan, antara lain :
  1. Dapat Meningkatkan Brand Awareness
  2. Iklan lebih tertarge, seperti kita dapat menentukan siapa target kita (Right Target dan Right People)
  3. Dalam pembelian bisa sangat disesuaikan oleh kondisi kantong kita, dengan mendapatkan barang yang diinginkan serta berkualitas juga
  4. Iklan juga dapat menghasilkan dengan berbagai macam, seperti adanya pemutaran video dan foto
  5. Serta kita bisa mendapatkan Leads bahkan bisa meningkatkan penjualan dengan cara membuat konten-konten yang menarik.  
 

Twitter Ads

Twitter Ads juga tidak kalah dengan Facebook Ads. Twittet dengan target yang bervariasi, Twitter menjadi pilihan yang menarik bagi para pebisnis yang ingin menjalankan iklan digitalnya,  seperti ingin mempromosikan sebuah tweet hanya pada orang yang menunjukan ketertarikan pada hashtag tertentu saja.

Keunggulan yang dimiliki Twitter Ads, antara lain :
  1. Dapat juga meningkatkan Brand Awareness dan menambah following dengan mudah.
  2. Dapat membangun reputasi yang baik pada produk yang kita perjualkan
  3. Dapat juga menjalin hubungan yang erat dengan konsumen dan pembeli agar mendapatkan kepuasan tersendiri
  4. Serta Twitter juga dapat memudahkan kita dapat berinteraksi dengan influencer serta tokoh masyarakat lainnya.

Nah, ada beberapa macam serta keunggulan dari berbagai platform bisnis untuk di era sekarang. Nah untuk para Be-emers dan pembaca lainnya, jika kita ingin memulai bisnis, kita harus melihat suasannya terlebih dahulu yah dan mengenal target kita siapa.