Jangan Sepelekan! Ini Dampaknya Apabila Tubuh Kekurangan Protein

Bahaya bagi tubuh apabila kekurangan protein (Sumber gambar: suara.com)

Bahaya bagi tubuh apabila kekurangan protein (Sumber gambar: suara.com)

Like

Protein merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Fungsinya tidak hanya sekedar untuk pembentukan otot, tetapi juga untuk pemeliharaan tubuh secara menyeluruh. 

Akan tetapi, tentu setiap orang memiliki kebutuhan protein yang berbeda-beda, mulai dari faktor kesehatannya hingga gaya hidupnya. 

Dilansir dari suara.com, mengutip dari News18, misalnya pengunjung gym yang lebih aktif, akan membutuhkan lebih banyak protein dibandingkan dengan mereka yang diam dan tidak banyak bergerak.

Menurut pendiri Boldfit, Pallav Bihani, ini dia beberapa gejala utama bagi tubuh yang kekurangan protein:
 

Kesulitan Membakar Lemak 

Bagi kamu yang sudah mencoba program diet sehat dengan berolahraga secara rutin dan makan makanan yang sehat, tapi berat bedan tetap tidak mau turun, artinya tubuh kamu kekurangan dan membutuhkan asupan protein yang cukup. Sebab, akibat dari kekurangan protein juga dapat menurunkan tingkat energi Anda. 
 

Suasana Hati Tidak Stabil 

Kekurangan asupan protein juga dapat menyebabkan suasana hati menjadi tidak stabil, mudah marah dan kabut otak. Protein memang sangat penting dalam mensintesis berbagai neurotransmiter dan hormon yang bertanggung jawab atas suasana hati kita, seperti serotonin merupakan hormon yang dapat menyeimbangkan dan membuat seseorang merasa nyaman dan bahagia. 


Oleh karena itu, kekurangan protein dapat mempengaruhi susasana hati menjadi tidak stabil.
 

Masalah Kesehatan Tulang 

Kalsium memang sangat penting dalam pembentukan tulang dan kerangka. Tetapi, tahukah kamu bahwa 50 persen volume tulang kita adalah protein. 

Bersama dengan kalsium dan vitamin D, protein juga penting dalam pembentukan kesehatan tulang. Protein juga berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang seiring dengan bertambahnya usia. 
 

Masalah pada Rambut, Kulit, dan Kuku

Sebagian besar, rambut, kulit dan kuku kita terbuat dari protein. Apabila kekurangan protein, tentu akan berpengaruh pada kesehatannya. 

Aturan yang baik dalam mengonsumsi protein ialah sebanyak 1-1,5 gram protein per kg berat badan. Misal, berat badan Anda 60 kg, Anda harus mengonsumsi protein sebanyak antara 60 hingga 90 gram per hari nya. 

Makanan yang mengandung protein dapat berupa telur, daging, kedelai, ikan, susu, dan kacang-kacangan.

Baca Juga: Tempe Tahu Langka, Ini Alternatif Sumber Protein Sehat untuk Kamu