Mari Pelajari Strategi Marketing STP!

Marketing Strategy Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Marketing Strategy Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Saat ini mungkin frasa enterpreneur dan bisnis seringkali terucap dan ditemui dalam kehidupan sehari – hari. Memang tak dapat dipungkiri, menjadi enterpreneur atau pelaku bisnis di era kreatif seperti saat ini memang menjanjikan diberbagai lini dan juga menerapkan strategi-strategi yang menarik.

Mulai dari F&B (Food and Beverages), pakaian, teknologi hingga jasa memiliki potensinya tersendiri bagi setiap pelaku bisnisnya baik pada skala kecil, menengah ataupun besar sekalipun.

Bahkan semenjak diksi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) menjadi semakin familiar, setiap orang yang memiliki jiwa enterpreneur semakin tertarik untuk membuat suatu brand atau membuka bisnis walaupun hanya skala kecil dan menengah.

Namun, pelaku bisnis pada skala kecil dan menengah ini terbilang tumbuh dan berkembang hingga memiliki kredilitas serta kualitas yang tak perlu diragukan.

Itu semua berkat dari enterpreneur atau pelaku bisnis yang tak bosan melakukan digging atau penggalian informasi serta refrensi yang begitu banyak mulai dari strategi marketing yang digunakan hingga eksekusi akan bisnisnya.


Nah, pada kesempatan kali ini yang mana sesuai dengan judul dari artikel ini akan membahas salah satu dari strategi marketing yang terbilang efektif serta dampak yang masif yang dan seringkali digunakan ketika memiliki sebuah brand atau bisnis pada skala kecil, menengah bahkan besar.

Apa Itu Strategi Marketing STP?

STP (Segmentation, Targeting and Positioning) ialah metode pemasaran yang digunakan untuk menyesuaikan serta mengembangkan suatu brand atau produk kepada konsumen atau audiens.

Dalam sistematika strategi marketing ini terbilang memiliki concern utama lebih kepada pendekatan audiens. Pada strategi marketing ini pun melibatkan tiga aspek didalamnya seperti sebagai berikut:
  • Segmentation
    Segmentation ialah suatu tindakan dalam melakukan segmentasi dengan berdasarkan membagi suatu market serta kebutuhan dengan kelompok audiens yang didasarkan dari demografis, geografis, psikografis hingga behaviour atau perilaku audiens.
     
  • Targeting
    Targeting ialah suatu tindakan dalam melakukan evaluasi terhadap beberapa segmen yang sudah diketahui untuk memutuskan segmen yang nantinya menjadi target market.

    Langkah selanjutnya setelah mengetahui target market yang dituju diharapkan dapat menghitung presentase potensi tumbuh dimasa depan, profitabilitas lewat presentase segmen mana yang memiliki potensi serta menghasilkan profit terhadap produk atau brand dan aksesibilitas atau nilai capaian mudah atau sulitnya terhadap suatu segmen dari target market.
     
  • Positioning
    Positioning ialah sutatu tindakan indakan merancang penawaran atau menentukan seberapa jauh representase brand atau bisnis didalam benak audiens. Tujuan dari positioning ini adalah untuk dapat mengetahui caranya memposisikan produk terhadap segmen yang paling unggul dan berpotensi.

    Adapun faktor yang mempengaruhi positioning seperti menjadi problem solver atas potensi masalah serta hambatan dari segmen yang sudah ditentukan. Lalu, mengidentifikasi USP (Unique Selling Point) yang sekiranya menjadi pembeda atau diferensiasi dengan kompetitor serta membuat campaign atau kampanye terhadap suatu brand dan produk agar menjadi trigger untuk audiens dalam mengambil keputusan.
Nah, simpulan dari Strategi Marketing STP ini ialah memungkinkan suatu brand atau bisnis untuk lebih fokus dalam mengalokasikan kepada audiens baik dalam bentuk reputasi brand ataupun kualitas produk serta movement – movement lainnya dalam pengembangan selanjutnya agar terus bersinergi dengan efektif.