Original Equipment Manufacturer (OEM), Barang Asli atau KW ya?

Original Equipment Manufacturer (OEM), Barang Asli atau KW ya? Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Original Equipment Manufacturer (OEM), Barang Asli atau KW ya? Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Be-emers, saat kamu sedang belanja di e-commerce, khususnya untuk barang elektronik, sering nggak sih melihat istilah OEM atau Original Equipment Manufacturer? Nah, kamu bingung nggak sih, kira-kira barang tersebut merupakan barang asli atau tiruan, ya?

Eits, kamu jangan sampai tertipu ya Be-emers. Banyak oknum yang menyalahgunakan istilah tersebut untuk menggantikan kata KW pada produk yang dijualnya, lho! Yuk, kita bahas lebih lanjut untuk tau selengkapnya!
 

Pengertian Original Equipment Manufacturer (OEM)

Menurut Investopedia, Original Equipment Manufacturer atau yang lebih familiar dengan singkatan OEM merupakan perusahaan yang memproduksi barang komponen bagi perusahaan lain, yang kemudian dijual sebagai barang jadi kepada konsumen.

Singkatnya, perusahaan pihak kedua akan membeli, mengolah, dan menjual kembali produk yang dibeli dari produsen barang OEM tersebut dengan menggunakan merek perusahaan mereka sendiri.
 

Contoh Penerapan Original Equipment Manufacturer (OEM)

Misalnya ada sebuah perusahaan X sebagai produsen elektronik terkenal yang memproduksi device seluler yang berlokasi di Korea Selatan. Nah, saat ini demand yang sangat tinggi membuat perusahaan tersebut kewalahan.

Agar tidak perlu membangun pabrik lagi demi memenuhi permintaan konsumen, perusahaan X dapat menggunakan jasa produsen OEM untuk membantu memproduksi device tersebut. Barang yang telah diproduksi OEM akan dibeli oleh perusahaan X dengan menggunakan merek perusahaan X tersebut.
 

Perbedaan Produk OEM dengan Produk KW

Kamu harus hati-hati saat berbelanja ya, Be-emers! Pastikan kamu mengetahui bahwa barang OEM berbeda dengan barang KW. KW sendiri merupakan singkatan dari kualitas yang memiliki beberapa tingkatan, seperti KW 1, 2, hingga super.


Produk KW fokus pada bentuk fisik yang mirip dengan produk original namun memiliki perbedaan pada kualitas sehingga harga produk KW cenderung jauh lebih murah dan terjangkau. Namun, tak jarang juga produk KW memiliki penampilan fisik yang tidak rapi dan proporsional.

Saat ini, banyak barang-barang KW atau tiruan yang menggunakan istilah OEM untuk menipu konsumen tentang kualitas barang yang dijual. Untuk itu, kamu harus berhati-hati dan pandai memilih barang saat belanja ya, Be-emers!

Pastikan kamu menggunakan barang-barang original untuk menghargai penciptanya, ya!