Waze Hadirkan Fitur yang Mempermudah Pencarian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Waze EV Charging Station Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Waze EV Charging Station Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Peningkatan upaya elektrifikasi memang telah banyak direalisasikan oleh para produsen serta pengembang kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) di dunia, baik dari perusahaan otomotif ataupun teknologi.

Akan tetapi, upaya tersebut juga perlu dibarengi dengan kelengkapan infrastruktur pendukung seperti ketersediaan stasiun pengisian kendaraan listrik atau electric charging station.

Namun, tersedianya stasiun pengisian kendaraan listrik tersebut juga belum menjamin sepenunya masalah selesai. Timbul kekhawatiran lain saat kendaraan listrik kehabisan daya dan bingung dimana harus mengisi daya tersebut.

Dengan itu, salah satu perangkat lunak navigasi Waze terpacu untuk menciptakan fitur pendukung yang dapat memetakan letak stasiun pengisian kendaraan listrik, nih, Be-emers!

Baca Juga: Tuntaskan Kesepakatan SPAC, Harley-Davidson Kenalkan Motor Listrik Pertamanya!
 

Waze Petakan Letak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Dikutip dari The Verge, tepat pada Senin, (20/12/2021) perangkat lunak navigasi Waze dikabarkan baru saja mengumumkan bahwa telah merilis fitur terbarunya yang dapat memungkinkan pengguna menemukan stasiun pengisian kendaraan listrik terdekat di seluruh penjuruh Amerika Serikat.


Perilisan fitur tersebut diketahui diinisiasikan secara kolektif antara Waze dengan salah satu pabrikan otomotif asal Jerman yaitu Volkswagen.

Pihak Waze juga menjelaskan bahwa dengan hadirnya fitur ini diharapkan dapat menjawab kecemasan serta kekhawatiran para pengguna kendaraan listrik dari sekian banyak keluhan yang hadir.

Selain fitur yang dapat menemukan keberedaan stasiun pengisian kendaraan listrik, pengguna juga dapat merubah ikon mobil pada aplikasi menjadi mobil kendaraan listrik selaras dengan kampanye yang digalangkan oleh Volkswagen.

Sementara itu, Waze juga dikabarkan akan terus mengembangkan fitur ini agar dapat menyusul salah satu aplikasi navigasi lainnya yang juga milik Google, yaitu Google Maps yang lebih dulu menampilkan stasiun pengisian daya listrik sejak tahun 2018.

Google Maps telah memberi banyak kemudahan dengan telah menghadirkan berbagai fitur pendukung serupa diantaranya filter berdasarkan jenis colokan pengisi daya, kuota stasiun yang digunakan hingga dapat terintegrasi dengan suatu rute perjalanan.

Baca Juga: Biar Makin Moncer, Tampilkan Bisnis Kamu di Google Maps! Begini Caranya

Kendati demikian, hingga kini Waze yang didirikan sejak tahun 2006 yang juga merupakan bagian dari Google ini belum memberi informasi lebih lanjut terkait keberadaan fitur ini kedepannya selain di Amerika Serikat.

Gimana tanggapanmu, Be-emers?