Usaha Rangkaian Bunga Tangan untuk Wisuda

Buket bunga (Sumber gambar: tokopedia.com)

Buket bunga (Sumber gambar: tokopedia.com)


Menjadi seorang mahasiswa yang tinggal di kosan dekat dengan area kampus merupakan sebuah peluang besar bagi ia yang dapat melihat peluang usaha. Benar, membuat rangkaian bunga tangan untuk acara wisuda menjadi sebuah kebiasaan baru ku yang duduk di bangku semester 7.

Kebiasaan itu sudah berjalan sekitar satu bulan lebih. Rangkaian bunga tangan terjual setiap ada acara seperti seminar proposal, sidang skripsi, hingga ke acara non formal seperti acara ulang tahun, anniversary, dan masih banyak lagi yang biasa anak muda sekarang merayakannya.

Orang biasa menyebutnya dengan buket bunga. Mematok harga mulai dari Rp15 ribu membuat rangkaian bunga tangan (buket bunga) selalu diminati banyak orang karena harga yang standar dan tidak mempengaruhi kualitas keindahannya.

Mengapa harus buket bunga? 
  • Pertama, karena peluang besar berada di sekitar kampus yang membuat mahasiswa/mahasiswi tidak kejauhan untuk melakukan pemesanan. 
  • Kedua, bahan-bahan untuk membuat buket bunga juga terbilang mudah ditemukan di pasar.
  • Ketiga, peluang usaha rangkaian bunga tangan ini akan terus menjadi UMKM bagi mahasiswa/I yang ingin menambah penghasilan secara mandiri.

Pemesanan buket bunga dapat dilakukan secara offline atau pun online melalui aplikasi WhatsApp dan Instagram. Pemesanan yang agak jauh dari lokasi kampus dapat dibantu oleh bapak tukang gojek, sedangkan untuk luar kota pengiriman dapat dibantu oleh kurir JNE.

Penghasilan usaha buket bunga dari setiap pesanan ini bisa mencapai Rp30-100 ribu bersih tanpa modal. Banyaknya pemesanan ini juga mempengaruhi tingkat penghasilan. 


Menjadi tangan yang kreatif dalam merangkai bunga satu per satu memang tidaklah mudah, tetapi sesuatu yang mudah tidak akan pernah ada jika tidak memulainya dan merasakan kesulitan terlebih dahulu. 

Ingin menjalani kegiatan ekonomi yang produktif sehingga dinilai lebih memiliki kontribusi besar terhadap perkembangan ekonomi di Indonesia?

Yuk, bergabung di komunitas UMKM Bisnis Indonesia dengan klik link di bawah ini:
t.me/UMKMBisnisIndonesia agar kita dapat belajar dan terlatih dalam menjalankan UMKM guna membuka pintu gerbang bagi mereka yang ingin mencari pekerjaan, demi mengurangi populasi tingkat pengangguran serta dapat meningkatkan inovasi untuk menyesuaikan keadaan dengan teknologi yang sekarang.