Donald Trump Ciptakan Jejaring Medsos Bernama TRUTH Social, Rilis Februari Mendatang

Donald Trump Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wall Street Journal

Donald Trump Illustration Web Bisnis Muda - Image: Wall Street Journal


Be-emers masih ingat nggak sih Oktober lalu Donald Trump telah lebih dulu mempekernalkan media sosial buatannya yang bernama TRUTH Social?

Dalam kesempatan itu, Donald Trump memang sudah memberi sedikit bocoran atas beberapa fiturnya seiring dengan versi beta yang tersaji untuk beberapa tamu undangan dibulan November.

Senada dengan versi beta yang tersaji untuk beberapa kalangan, TRUTH Social juga terus mengupayakan atas beberapa pembaruan seperti jalinan kemitraan dengan Rumble Inc. pada Desember lalu.

Dengan itu, TRUTH Social dirasa semakin yakin untuk dapat meluncurkan aplikasi ini ke publik seraya dengan terpaan perilisannya yang akan dilakukan bulan depan, nih, Be-emers!

Baca Juga: Donald Trump Rilis Media Sosial, Ini yang Perlu Kamu Ketahui tentang TRUTH Social
 

TRUTH Social Rilis Februari 2022

Jejaring media sosial milik Donald Trump yaitu TRUTH Social dikabarkan akan mulai tersaji dalam versi iOS pada 21 Februari mendatang sebagaimana dikutip dari The Verge.


The Verge memproyeksikan terpilihnya tanggal 21 Februari berdasar dari daftar di App Store yang juga dibarengi dengan perayaan atas satu tahun berdirinya pengembang dari TRUTH Social yaitu Trump Media and Technology Group (TMTG).

Perusahaan media yang dimiliki oleh Donald Trump tersebut diketahui dipimpin oleh mantan anggota kongres AS Devin Nunes sejak awal kemunculannya pada Februari 2021.

Dari beberapa impresi pengguna TRUTH Social versi beta terdahulu, banyak yang menyebut bahwa TRUTH Social memang terbilang hampir serupa dengan media sosial besutan Jack Dorsey yaitu Twitter.

Hal tersebut dibuktikan dari beberapa tangkapan layar yang menampilkan halaman profil TRUTH Social yang kurang lebih mirip dengan Twitter seperti opsi balasan, favorit hingga berbagi.

Sedikit perbedaan yang sejauh ini terlihat mungkin dari segi penamaan, jika unggahan pada Twitter diberi nama tweet, TRUTH Social menyebutnya dengan truth. Lalu, jika pada Twitter diberi nama retweet, TRUTH Social menyebutnya dengan retruth.

Rancangan desain TRUTH Social yang hampir serupa dengan Twitter ini semata-mata memang bukan kebetulan belaka, mengingat Donald Trump memang cukup terobsesi dengan Twitter selama bertahun-tahun sebelum pada akhirnya Twitter melakukan suspend kepada akun milik Donald Trump.

Adapun alasan Twitter melakukan upaya tersebut dikarenakan Donald Trump disinyalir menjadi pemicu atas pembrontakan yang terjadi pada 6 Januari di US Capitol.

Disamping itu, TMTG yang pada Desember lalu telah melangsungkan kemitraan dengan platform video online asal Kanada yaitu Rumble Inc. ingin menampilkan fitur tambahan pada TRUTH Social untuk dapat memungkinkan penggunanya melangsungkan streaming.

Lebih lanjut lagi, TMTG juga sedang melakukan upaya inovatif lainnya dengan menciptakan TMTG+ yang berusaha menampilkan layanan video on demand dan podcast.

Gimana tanggapanmu, Be-emers?

Baca Juga: Donald Trump Gugat Twitter, Google, dan Facebook!