La Grande Historie du Dessin Sans Fin : Gambar Tanpa Akhir dengan balutan Augmented Reality

Poster Pameran (Sumber: Instagram ifi_bandung)

Poster Pameran (Sumber: Instagram ifi_bandung)


Pada tanggal 9-20 Mei 2022 yang lalu, Institut Francais Bandung mengadakan pameran gambar ilustrasi dengan konsep “gambar tanpa akhir”. Gambar yang dipamerkan merupakan karya dari seorang illustrator muda asal Perancis Elly Oldman.

Proyek ilustrasi yang telah dimulai sejak tahun 2017 ini termuat dalam akun instagram @theinfinitedrawing dan hingga saat ini gambar pada akun tersebut telah mencapai 990 unggahan serta 21.000 pengikut.

Proyek pameran yang disebut “La Grande Historie du Dessin Sans Fin / The Great History of the Infinite Drawing” ini ditampilkan pada dinding dan membentuk sebuah gambar raksasa yang saling terhubung.
 

Gambar untuk Mengedukasi Anak-Anak

 

Kunjungan ke Pameran La Grande Historie du Dessin Sans Fin di IFI Bandung (Sumber: dokumentasi pribadi)

Kunjungan ke Pameran La Grande Historie du Dessin Sans Fin di IFI Bandung (Sumber: dokumentasi pribadi)


Gambar yang dimulai oleh Elly Oldman untuk mengisi waktu pada masa pemulihannya tersebut, kini telah menjadi media edukasi untuk anak-anak.

Elly Oldman memberikan cerita latar mengenai seorang gadis kecil dan teman robotnya yang memulai petualangan mereka untuk menyelamatkan sebuah planet dari ancaman wabah plastik.
 

Latar cerita dari gambar (Sumber: dokumentasi pribadi)

Latar cerita dari gambar (Sumber: dokumentasi pribadi)



Melalui gambar ini pengunjung akan diperlihatkan ilustrasi mengenai dampak dari sampah plastik dan pentingnya menjaga lingkungan.

Pengunjung akan dibawa mengikuti petualangan sang gadis kecil bersama teman robotnya, untuk menelusuri gambar dalam misi mengumpulkan sampah plastik yang tersembunyi pada gambar-gambar yang saling berhubungan. Selain itu pengunjung juga dapat melakukan beragam aktivitas menggunakan media yang disediakan di area pameran.
 

Menggabungkan Gambar dan Augmented Reality

Elly Oldman bekerjasama dengan Electroni[k], dalam menggabungkan gambarnya dengan teknologi augmented reality untuk menciptakan gambar ilustrasi yang lebih interaktif. Dalam proses produksinya, proyek ini juga bekerjasama dengan Le Cube, Pusat kreasi digital, Stereolux dan didukung oleh Artefacto dan Le Château Ephémère.

Untuk menikmati gambar interaktif ini, pengunjung perlu mengunduh aplikasi The Infinite Drawing yang telah disediakan. Nantinya aplikasi ini akan memproyeksikan gambar yang ada di dinding dengan animasi bergerak pada aplikasi tersebut.

 

Tampilan dalam aplikasi The Infinite Drawing (Sumber: dokumentasi pribadi)

Tampilan dalam aplikasi The Infinite Drawing (Sumber: dokumentasi pribadi)

 

Adanya gambar interaktif ini memberikan pengalaman yang berbeda dalam mengunjungi sebuah pameran. Pengunjung akan diajak untuk menelusuri gambar dan menyelesaikan misi melalui aplikasi tersebut.
 
Pameran ini terbuka untuk umum dan masih akan berlangsung hingga tanggal 16 Juli mendatang. Kegiatannya diselenggarakan secara bergantian di Pusat Bahasa dan Kebudayaan Perancis yang ada di beberapa kota di Indonesia.