Mau Daftar Kerja? Simak Dulu 4 Contoh Cover Letter yang Gampang Dilirik HRD Ini!

Cover letter wajib ditulis dengan singkat, padat dan menarik agar menjaring perhatian rekruter atau HRD (Sumber gambar: pixabay)

Cover letter wajib ditulis dengan singkat, padat dan menarik agar menjaring perhatian rekruter atau HRD (Sumber gambar: pixabay)

Like

Sudah melamar kerja ke puluhan bahkan ratusan perusahaan, tapi tak kunjung mendapat kabar? Mungkin saja penyebabnya ada di cover letter email lamaran kerja kalian, Be-emers. 

Selain mengirimkan Curriculum Vitae (CV) ter-update, cover letter pada body email kalian harus ditulis dengan singkat, padat, dan menarik lho. Alasannya, rekruter masa kini memeriksa ratusan bahkan ribuan lamaran pekerjaan.

Nah, cover letter yang menarik akan membuat lamaran pekerjaan kalian menonjol di mata rekruter. 

Lantas, apa itu cover letter dan bagaimana contoh cover letter singkat yang menarik? Simak selengkapnya di bawah ini!
 

Apa itu Cover Letter?

Cover letter adalah dokumen penyerta CV dan portofolio yang akan dilihat pertama kali oleh rekruter atau HRD ketika menerima surat lamaran kerja. Biasanya cover letter ditulis di body email.

Dengan adanya cover letter, perekrut atau HRD dapat melihat sekilas informasi tentang pelamar pekerjaan. Nah, berikut ini adalah informasi yang harus dicantumkan dalam sebuah cover letter singkat:
  1. Nama perekrut dan alamat perusahaan yang menyediakan lowongan kerja
  2. Salam pembuka yang mengungkapkan ketertarikan pekerjaan yang akan dilamar.
  3. Pengenalan tentang diri dan latar belakang pendidikan
  4. Penjelasan singkat tentang kualifikasi diri berupa pengalaman dan pencapaian yang relevan dengan posisi yang dilamar
  5. Pernyataan penutup dan salam penutup
 

Contoh Cover Letter Singkat yang Menarik Perhatian HRD

Berikut ini adalah contoh cover letter bahasa indonesia yang singkat dan menarik:

1. Contoh Cover Letter untuk Fresh Graduate

Beemers, bagi kalian yang baru saja lulus dan bingung bagaimana membuat cover letter singkat yang menarik, tak perlu khawatir. Kami sediakan contoh cover letter bahasa indonesia yang menarik:


Yth. HRD Bisnis Indonesia

Berdasarkan informasi yang saya dapatkan Instagram Bisnis Muda, saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar untuk posisi Content Writer. 

Saya adalah lulusan S1 Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia yang diwisuda tahun 2021 lalu. 
Semasa kuliah, saya menjalani magang di salah satu media nasional sebagai reporter selama satu tahun. Selain itu, saya juga bergabung dengan lembaga pers mahasiswa. Saya menulis berbagai topik seperti gaya hidup, ekonomi dan politik.

Pengalaman tersebut membantu saya dalam meningkatkan kemampuan di bidang kepenulisan dan pemecahan masalah. Tak hanya itu, saya juga tumbuh menjadi pribadi terampil, mampu bekerjasama dengan tim, dan memiliki semangat belajar yang tinggi.

Dengan pengalaman dan kemampuan tersebut, saya yakin posisi Content Writer di Bisnis Muda sangat cocok untuk saya. Saya bisa membantu perusahaan berkontribusi melalui inovasi-inovasi konten baru. 

Demikian surat lamaran ini saya buat. Terima kasih. 

Dengan hormat,
X


 

2. Contoh Cover Letter untuk Magang

Bagi Beemers yang masih kuliah dan ingin melamar magang, simak cara membuat cover letter magang di bawah ini:

Kepada Kepala HRD Bisnis Indonesia

Surat ini saya tulis untuk merespon lowongan magang yang ditayangkan Bisnis Muda di Instagram.
Saya adalah mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi dengan penjurusan jurnalistik. Saya tertarik untuk mengikuti magang sebagai Content Planner di Bisnis Muda. Sebelumnya, saya sudah pernah menjadi content planner di media sosial perusahaan Y selama 3 bulan.

Kemampuan saya tidak hanya terbatas pada perencanaan konten. Saya juga memiliki kemampuan public speaking, event planning, dan public relation. 

Dengan pengalaman saya tersebut, saya percaya posisi magang Content Planner di Bisnis Muda akan cocok untuk saya. Saya akan berkontribusi banyak untuk perusahaan melalui ide-ide baru.

Demikian surat lamaran ini saya buat. Saya tunggu kabar baiknya. 

Dengan hormat,
X


 

3. Contoh Cover Letter untuk 1-3 Tahun Pengalaman Kerja

Berikut ini merupakan contoh cover letter dalam bahasa Indonesia untuk Be-emers yang memiliki pengalaman kerja 1-3 tahun:

Kepada Kepala HRD Bisnis Indonesia

Surat ini saya tulis untuk menyampaikan minat saya mengisi lowongan Content Writer yang ditayangkan Bisnis Muda di Instagram.

Saya adalah penulis lepas yang sebelumnya bekerja di perusahaan ABC sebagai Content Writer selama satu tahun. 

Sebagai anggota dari suatu tim digital marketing ABC, 5 dari 30 artikel yang saya tulis sukses meningkatkan traffic website di atas 25%. Di mana persentase tersebut adalah persentase terbesar yang pernah dicapai redaksi kami. 

Selama 1 tahun bergabung dengan tim tersebut, saya belajar bagaimana cara menghasilkan tulisan yang baik dan menggaet banyak pembaca, serta cara mengembangkan keterampilan komunikasi dan kepemimpinan, yang mana sangat penting dalam mencapai kesuksesan perusahaan.

Saya cukup percaya diri dengan keterampilan, pengalaman dan kemauan belajar saya yang tinggi, saya bisa cepat belajar dan berkontribusi langsung terhadap perusahaan. 

Terima kasih atas perhatiannya. Saya berharap dapat mendengar kabar baik terkait surat lamaran ini. 

Dengan hormat,
X


 

Tips Membuat Cover Letter 

Setelah menyimak contoh cover letter singkat dalam bahasa indonesia, jangan buru-buru copy paste ya. Alangkah baiknya Be-emers membuat cover letter dengan tulisan sendiri.

Nah, untuk mempermudah, simak dulu tips dalam membuat cover letter berikut ini:


1. Lakukan Riset 

Sebelum mempraktekkan cara membuat cover letter, riset dulu tentang perusahaan yang ingin dilamar. Riset ini bisa bermacam-macam bentuknya. Salah satu yang paling penting adalah riset tentang job description dari lowongan yang tersedia. 

Dengan riset job description, kita bisa menentukan gaya bahasa cover letter yang akan digunakan. Misalnya, job description copywriter mengharuskan kita memiliki kepribadian ceria dan kreatif. Jadi, cover letter bisa ditulis dengan bahasa yang ceria. 
 

2. Tulis dengan Singkat

Pekerjaan rekruter dan HRD tidak hanya membaca cover letter kalian saja lho, Be-emers. Oleh karena itu, tulis cover letter yang singkat dan padat ya. 

Cover letter bisa ditulis maksimal setengah body email. Jangan lupa tulis pencapaian dari pengalaman kerja sebelumnya pada paragraf pertama atau kedua. Tujuannya supaya daya tawar bisa langsung dibaca oleh rekruter. 
 

3. Tulis dengan Percaya Diri

Tulis cover letter dengan bahasa yang menggambarkan kepercayadirian. Tapi jangan terdengar sombong ya. Caranya, tulis saja pengalaman kalian dengan jujur dan akui jika pengalaman itu menjadi daya tawar kalian untuk perusahaan tersebut. 

Nah, setelah menyimak artikel ini, kalian pasti sudah memahami contoh cover letter menarik yang tepat untuk lamaran kerja kalian, kan? Dengan cover letter singkat yang menarik, lamaran kerja akan lebih cepat menarik perhatian rekruter dan HRD. 

Selamat mempraktekkan cara membuat cover letter yang singkat dan menarik ya, Be-emers! Semoga lamaran kerja kalian cepat dilirik rekruter perusahaan idaman kalian!





Editor: Rachma Amalia