Tips menulis CV Formal dan Kreatif untuk Fresh Graduate

Tips menulis CV Formal dan Kreatif untuk Fresh Graduate Ilustrasi. Image Canva

Tips menulis CV Formal dan Kreatif untuk Fresh Graduate Ilustrasi. Image Canva

Like

Sebutan fresh graduate diberikan untuk seseorang yang baru lulus menjalani masa perkuliahan jenjang sarjana. Biasanya para fresh graduate yang tidak berencana melanjutkan studi jenjang magister ini akan berselancar untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusannya.

Berkarier dalam sebuah perusahaan bagus mungkin juga salah satu tujuan dari banyak fresh graduate, sementara untuk masuk bekerja dalam perusahaan biasanya diperlukan beberapa tes. Awal mula para pencari kerja akan memasukan lamaran pekerjaan dengan menyertakan Curriculum Vitae, berkas ini yang nantinya akan diseleksi oleh HRD bersama dengan ratusan bahkan ribuan berkas lainnya dari saingan kalian saat mencari pekerjaan

Bagi seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman beberapa tips dari Be-emin ini mungkin akan sangat bermanfaat. Kalian sebagai fresh graduate juga harus memilah dan mengirim CV yang tepat untuk perusahaan yang kalian tuju. Ada beberapa perusahaan yang mengharuskan CV dalam bentuk formal, namun untuk perusahaan di bidang kreatif akan sangat melirik kalian jika membuat CV secara kreatif atau tidak formal.

Satu hal yang harus selalu ditanamkan oleh Be-emers yang saat ini masih dalam tahap mencari pekerjaan, gagal itu adalah hal yang lumrah. Ketika lamaran dan CV kamu ditolak satu perusahaan jangan pernah menyerah untuk mencoba lagi dan coba cari tahu apa kesalahannya sehingga kamu bisa melakukan perbaikan untuk selanjutnya.

Berikut tips menarik yang bisa kamu praktikan saat membuat CV:

 1. Tulis riwayat pendidikan secara lengkap

Be-emers harus mencantumkan riwayat pendidikan yang pernah kamu jalani dengan lengkap karena belum adanya pengalaman kerja. Latar belakang pendidikan yang kamu tulis akan memudahkan HR dalam menyeleksi dan menilai kecocokan jurusan/prodi pendidikan dengan posisi kerja yang dibutuhkan. 

Lengkap di sini bukan berarti kamu harus menuliskan sejak TK ya Be-emers, kalian cukup menuliskan pendidikan terakhir saja namun ditulis secara lengkap dan jelas.

2. Deskripsikan diri

Saat mendiskripsikan diri kalian bisa menuliskan profil singkat tentang siapa diri kamu, karakter, keahlian dan kelebihan yang kamu miliki. Lebih baik jika kamu bisa  menceritakan minat & bakat yang kamu punya pada suatu bidang secara singkat dan dan jelas. Kelebihan yang kamu miliki yang memiliki nilai positif akan membangun kesan menarik di  mata HRD saat pertama kali membaca CV kalian.
  

3. Cantumkan pengalaman yang relevan

Karena kalian belum memiliki pengalaman kerja, maka dalam bagian ini kalian bisa mencantumkan pengalaman dalam berorganisasi, keikutsertaan kompetisi, event atau volunter.


Yang perlu kalian cantumkan tentunya pengalaman yang relevan dengan posisi pekerjaan, kalian juga bisa memberikan sedikit penjelasan, capaian, serta kontribusi kalian saat terjun langsung dalam sebuah organisasi atau perlombaan.

Dengan memiliki pengalaman berorganisasi di sekolah, kampus atau lingkungan masyarakat kamu akan dinilai punya kemampuan bekerja dalam tim dan keterampilan beradaptasi yang baik.
 

4. Jujur dalam menyajikan informasi

Pada proses interview HRD sering menemukan CV yang tidak sesuai dengan data yang sebenarnya, beberapa orang memilih untuk memasukkan informasi yang berlebihan untuk menarik HRD agar lolos seleksi CV. Hal ini slah dan bisa berakibat fatal, karena data yang kamu masukkan tidak  bisa dipertanggungjawabkan saat interview.

Jadi, sebaiknya kalian berikan informasi secara detail dan jujur di dalam CV yang kamu buat. Kalau memang semua yang kamu buat jujur dan menarik pasti HRD tetap akan melirik CV kamu kok!
 

5. Buat  secara sederhana dan menarik

CV itu cukup satu lembar saja, ini ternyata cukup penting lho alasannya karena dengan satu lembar saja HRD kan lebih mudah dalam membaca setiap informasi yang kalian cantumkan dalam CV.

Selain itu, akan sangat jarang HRD membaca halaman kedua atau ketiga dari CV kamu, jadi rangkum CV kamu dengan singkat dan detail.

Kalian bisa membuat poin-poin dari setiap informasi, mulai dari pendidikan, deskripsi singkat, pengalaman organisasi, kepribadian dan keterampilan. Buat dengan desain yang sederhana dan menarik.

Semoga bermanfaat ya Be-emers! Semangat lagi yuk nyari kerja ..

Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.