Waspada 3 Virus Ini saat Liburan Akhir Tahun!

Waspada 3 Virus Ini saat Liburan Akhir Tahun - Image: Canva

Waspada 3 Virus Ini saat Liburan Akhir Tahun - Image: Canva

Like

Liburan emang jadi momen yang selalu dinanti. Eits, tapi kamu juga mesti waspada nih sama berbagai virus yang bisa mengancam kesehatan saat kamu liburan akhir tahun.

Bayangin deh, lagi liburan, kamu yang harusnya senang-senang sama teman atau keluarga tiba-tiba malah mendadak sakit. Pastinya hal itu enggak enak banget kan?

Salah satu tujuan liburan adalah untuk healing dan dapat energi baru. Namun, hal itu bakal lain cerita kalau kamu malah jatuh sakit.
 

3 Virus di Musim Liburan Akhir Tahun


Dilansir dari New York Times, terdapat “Tripledemic” atau tiga virus yang wajib diwaspadai saat ingin liburan. Terutama, liburan di akhir tahun dan bepergian ke luar negeri.
 

1. Covid-19


Sejak 2020, pandemi Covid-19 menjadi virus yang paling mematikan dan bisa dibilang telah “mengubah” dunia. Virus yang bermula dari wilayah Wuhan, China ini membuat akses di seluruh dunia jadi terhambat.


Mulai dari akses transportasi, bekerja di kantor, hingga liburan. Kemanapun kita diwajibkan untuk menggunakan masker, tes PCR, karantina, hingga vaksinasi.

Namun seiring berjalannya waktu, pandemi yang telah merenggut kurang lebih 6,67 juta jiwa di seluruh dunia (berdasarkan Our World in Data) dikabarkan akan segera berakhir di tahun 2023.

 

Waspada Covid-19 saat Liburan - Image: Canva

Waspada Covid-19 saat Liburan - Image: Canva


Dilansir Bisnis.com Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa kemungkinan besar pemerintah akan menghentikan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Meski begitu, kamu tetap harus waspada terhadap ancaman virus Covid-19. Saat liburan, usahakan kamu tetap menggunakan masker di tempat ramai hingga membawa hand sanitizer.
 

2. Flu (Influenza)


Pada dasarnya flu atau influenza merupakan infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan kayak hidung, tenggorakan, dan paru-paru.

 

Waspada Flu saat Liburan - Image: Canva

Waspada Flu saat Liburan - Image: Canva


Orang yang kena flu, dilansir dari Alodokter, bakal mengalami berbagai gejala. Mulai dari demam, sakit kepala, hidung tersumbat, hingga batuk.

Influenza itu gampang bermutasi dan menular. Makanya, saat liburan, kamu juga perlu waspada sama virus satu ini.
 

3. Respiratory Syncytial Virus (R.V.S)


Dilansir dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), R.V.S adalah virus pernapasan umum yang biasanya menyebabkan gejala ringan seperti pilek.

 

Waspada RSV saat Liburan - Image: Canva

Waspada RSV saat Liburan - Image: Canva


Beda sama flu atau pilek biasa, RSV bisa jadi virus serius, terutama untuk bayi dan orang dewasa yang lebih tua.

Selain itu, RSV adalah penyebab paling umum dari bronkiolitis dan pneumonia, terutama untuk kasus anak-anak di bawah usia 1 tahun. Penyakit ini pun menular, lho!

 

Cegah Virus pas Liburan, Ini yang Harus Kamu Lakukan


Namanya penyakit memang bisa datang kapanpun. Namun, enggak ada salahnya juga untuk mencegah biar liburan kamu tetap menyenangkan.
 

1. Tetap Gunakan Masker


Misalnya, kamu naik transportasi umum kayak kereta atau pesawat. Besar kemungkinan kamu akan berada dalam situasi yang penuh sesak dengan pelancong lain untuk waktu yang lama.

 

Tetap Gunakan Masker saat Liburan - Image: Canva

Tetap Gunakan Masker saat Liburan - Image: Canva


Hal itu meningkatkan kemungkinan paparan virus dan penyakit, kata Saskia Popescu, seorang ahli epidemiologi penyakit menular dan asisten profesor di Schar School of Policy and Government. di Universitas George Mason, dikutip New York Times.

Makanya, penting untuk menggunakan masker guna mencegah penularan virus.
 

2. Bawa Obat-Obatan dan Multivitamin


Saat liburan, kamu wajib bawa obat-obatan pribadi. Terutama, obat-obatan yang mengandung paracetamol sebagai perbekalan darurat jika tiba-tiba kamu mengalami demam tinggi dan jauh dari pusat kesehatan.

 

Bawa Obat-Obatan dan Multivitamin - Image: Canva

Bawa Obat-Obatan dan Multivitamin - Image: Canva


Selain itu, penting juga untuk sedia multivitamin agar stamina kamu selama liburan tetap terjaga.
 

3. Banyak Istirahat, Olahraga, dan Tetap Jaga Pola Makan


Liburan kadang bikin orang lupa diri untuk menjaga pola makan, istirahat, apalagi olahraga. Soalnya, banyak godaan untuk begadang, makan sembarangan, dan bermalas-malasan selama liburan.

 

Olahraga dan Tetap Jaga Pola Makan saat Liburan - Image: Canva

Olahraga dan Tetap Jaga Pola Makan saat Liburan - Image: Canva


Biar pasca liburan kamu tetap fit, baiknya sih kamu tetap jaga pola makan dan istirahat yang cukup. Selain itu, pagi atau sore harinya, kamu bisa sempatkan diri buat olah raga kayak jogging, yoga, hingga berenang.

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.