Lagi Viral Nikah Sederhana di KUA! Tertarik?

Keuntungan Menikah Sederhana di KUA! Tertarik? (Foto: Twitter)

Keuntungan Menikah Sederhana di KUA! Tertarik? (Foto: Twitter)

Like

Media sosial sedang dipenuhi pembicaraan soal pasangan-pasangan yang menikah dengan konsep yang berbeda dari orang kebanyakan, yaitu hanya akad di KUA! Bagaimana potretnya?

Ngomongin soal pernikahan pasti jadi momen yang paling ditunggu-tunggu. Apalagi bagi mereka yang sudah memiliki pasangan dan siap ke jenjang yang lebih serius.

Setiap pasangan pasti sudah punya konsep dan impian masing-masing untuk merayakan pernikahanya. Baik dengan konsep meriah dan mewah atau mungkin sebaliknya cukup dengan kesederhanaan.

Belakangan ini di media sosial Twitter trending hashtag #NikahdiKUA. Pernikahan dengan konsep yang sederhana dan hanya dilaksanakan di Kantor Urusan Agama (KUA).
 

Keuntungan Menikah Sederhana di KUA! Tertarik? (Foto : Twitter @odongpejjj)

Keuntungan Menikah Sederhana di KUA! Tertarik? (Foto : Twitter @odongpejjj)


Dalam akun twitter miliknya, @odongpejjj mengungkapkan bahwa “menikah tahun 2021 gratis karena di KUA doang”. Terlihat dari postingannya, pasangan tersebut tetap berpakaian rapih layaknya pernikahan pada umumnya.


Namun, kesederhanaan yang di unggah oleh @odongpejjj menimbulkan banyak pro dan kontra para warga twitter. Banyak warganet mengapresiasi konsepnya yang sederhana, tapi ada juga yang berkomentar bahwa hal tersebut bisa jadi 'omongan tetangga'.

Eits..tapi tau enggak sih Be-emers kalau menikah di KUA punya banyak nilai plus dibandingkan dengan nikah di luar KUA. Kira-kira apa aja ya?
 

Keunggulan Menikah di KUA


Ternyata, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan kalau menikah di KUA.
 

1. GRATIS…TIS…TIS


Nah, kalau kamu mau menikah hanya di KUA kamu enggak perlu bayar biaya apapun. Syaratnya kamu harus melaksanakan proses nikah di jam operasional kerja KUA.

Kamu bisa melaksanakannya pada hari Senin – Jumat pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Namun, kalau kamu melaksanakannya diluar jam operasional kerja kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp600 ribu.

Biaya ini akan masuk ke dalam kas Negara sebagai Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) Kementrian Agama.
 

2. Persiapan Enggak Perlu Ribet


Dengan melaksanakan pernikahan di KUA kamu enggak perlu repot-repot untuk dekorasi tempat atau menyiapkan katering. Hal ini akan lebih simple dan kamu bisa lebih fokus untuk mengurus hal lainya seperti dokumen penting atau syarat pernikahan lainnya.

Baca Juga: Curi Start Atur Keuangan Setelah Menikah dengan Intimate Wedding

Enggak cuma itu, pernikahan akan terasa lebih intimate dan khidmat karena hanya mendatangkan keluarga dari kedua belah pihak.
 

3. Acara Lebih Kondusif


Buat kamu yang mungkin introvert pasti seneng banget dengan ketenangan dan kedamaian. Menikah dengan konsep ini sangat mendukung kamu untuk yang enggak suka keramaian.

Suasana ini cocok banget buat pasangan yang menginginkan suasana yang khidmat dan tenang. Terutama untuk para mempelai pria yang mudah grogi kalau harus mengucapkan kalimat akad di depan banyak tamu undangan.
 

4. Penampilan Lebih Sederhana


Biasanya untuk menikah dengan konsep di luar KUA kamu membutuhkan penampilan yang terbaik dan menarik untuk diliat banyak orang.

Namun, dengan menikah di KUA kamu bisa berpakaian lebih sederhana. Bahkan untuk mempelai wanita enggak perlu repot-repot untuk makeup.

Misalnya, beauty influencer Suhay Salim di tahun 2018. Suhay melaksanakan akad nikah dengan penampilan sederhana menggunakan setelan kemeja, kaos, dan celana jeans.

Jadi gimana Be-emers, kamu tertarik enggak nih dengan konsep pernikahan di KUA? Lumayan kan untuk press budget kamu, xixixi~

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.