Dari Luwak Sampai Gayo Ini Jenis Kopi Nusantara yang Mendunia!

Kopi Nusantara (Foto: Canva)

Kopi Nusantara (Foto: Canva)

Like

Sebagai negara penghasil kopi terbesar di dunia, Indonesia memiliki berbagai jenis kopi yang sudah mendunia. Be-emers yang ngaku pecinta kopi sudah tahu belum jenis-jenis kopi nusantara ini? Simak perbedaannya!

Secangkir kopi dapat menghasilkan berbagai ide, obrolan, inspirasi, puisi maupun menjadi sebuah cerita. Be-emers tahu kan bahwa Indonesia menjadi salah satu dari 5 negara yang memproduksi kopi terbanyak, selain Brazil, Vietnam, Uganda dan Meksiko.

Hal tersebut dilansir dari data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) pada 2020. Ada lebih dari 70 negara di dunia yang memproduksi kopi. Tapi, hanya beberapa negara yang menjadi produsen kopi terbesar di dunia dan salah satunya Indonesia.

Tidak heran kalau di negara kita, coffee shop menjamur tanpa mengurangi jumlah warung kopi tradisional. Bukan hanya produksi yang tinggi, tingkat konsumsi kopi disini juga tidak kalah tingginya. 
 

Jenis Kopi di Indonesia


Indonesia kaya akan sumber daya alamnya, tanahnya subur sehingga bisa menghasilkan berbagai jenis kopi yang nikmat ini. 


Baca Juga: Waspada Latte Factor, Kebiasaan Anak Muda yang Bikin Bokek
 

1. Kopi Luwak 


Ini adalah salah satu jenis kopi nusantara yang melalui proses cukup panjang. Kopi harus dikonsumsi dulu oleh hewan Luwak atau Musang, lantas biji kopi utuh yang keluar bersamaan dengan kotorannya diproses kembali menjadi bubuk kopi.

Meskipun dalam Islam ada beberapa fatwa yang melarang, akan tetapi tenang saja, ada juga sebagian fatwa menghalalkan dengan syarat biji dalam keadaan utuh, bisa tumbuh dan perlu disucikan.

Biji Kopi Luwak terkenal sebagai biji kopi termahal di dunia yaitu sekitar US$100 per gram. Rasa yang sangat enak dan khas aroma kopinya membuat Kopi Luwak digemari dari berbagai belahan dunia. Kopi Luwak sendiri sudah dikenal sejak jaman kolonial hingga saat ini.
 

2. Kopi Gayo


Bagi pecinta kopi dengan rasa pahit yang cukup tinggi, Kopi Gayo adalah jawabannya. Cita rasa khas dengan tingkat keasaman rendah membuat kopi ini digemari oleh pecinta kopi dari berbagai belahan dunia.

Sesuai namanya, Kopi Gayo ini berasal dari dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah. Di dataran inilah, perkebunan dan produksi biji kopi arabika terbaik di dunia dihasilkan.
 

3. Kopi Kintamani


Menyebut Bali, membuat pikiran mengarah pada wisatanya yang indah dan mendunia. Tetapi ternyata Bali juga menghasilkan salah satu kopi terbaik dunia yang memiliki cita rasa khas dan berbeda dengan kopi dari daerah lain yakni Kopi Kintamani.

Selain rasa pahit dan asam, Kopi Kintamani memiliki rasa citrus atau buah-buahan dan digemari berbagai pelosok negara. Rasa segar Kopi Kintamani membuatnya menjadi salah satu komoditi ekspor negara Indonesia yang diburu.
 

4. Kopi Toraja


Dari namanya Be-emers pasti sudah tahu asal perkebunan Kopi Toraja ini, yaitu Sulawesi. Kopi Toraja memiliki nama latin Celeber Kalosi, yang dihasilkan dari pegunungan Sasean, Sulawesi Selatan.

Baca Juga: Baru Tahu! Rutin Minum Kopi Bagus untuk Kesehatan Hati

Aroma Kopi Toraja sangat khas karena ditanam berdampingan dengan tumbuhan rempah-rempah. Oleh sebab itu, Kopi Toraja sangat digemari orang Eropa. Kadar keasaman tidak terlalu tinggi dan tekstur yang cenderung tidak terlalu pekat.
 

5. Kopi Sidikalang


Apabila Be-emers mencari Kopi Robusta kelas ekspor dan tekstur kopi yang sangat halus serta lembut, Kopi Sidikalang pilihannya. Dikenal dengan kopi yang memiliki long after taste, artinya saat kopi sudah masuk ke tenggorokan, rasa kopi masih melekat di mulut.

Kalau Kopi Toraja ada rasa rempah, Kopi Sidikalang lebih ada rasa manis dan pahitnya, karena bersanding dengan tanaman cokelat di kawasan Bukit Barisan, Sumatera Utara. Kopi ini direkomendasikan untuk pecinta kopi yang bermasalah pada lambung.
 

6. Kopi Jawa


Karakteristik Kopi Jawa adalah saat diseduh meninggalkan ampas yang cukup banyak. Kopi Jawa sudah muncul sejak abad ke 15. Bahkan, di dunia barat dikenal istilah Cup Of Java.

Kualitas biji kopi yang bagus membuatnya diminati beberapa negara. Selain itu, sajian Kopi Jawa bisa diseduh tanpa gula maupun dengan gula. Aroma Kopi Jawa yang khas dan harum membuatnya digemari negara lain.

Bagaimana Be-emers yang mengaku suka kopi, sudah mencoba jenis kopi nusantara yang mana nih?
 
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.