E-Sport: Hobi Sekaligus Profesi yang Menjanjikan

E-sport kini telah menjadi profesi yang menjanjikan (Sumber Gambar: Freepik)

E-sport kini telah menjadi profesi yang menjanjikan (Sumber Gambar: Freepik)

Like

Terkadang, kesenangan kita bermain game kerap dipandang negatif oleh sebagian orang. Terlebih stigma di masyarakat yang menilai bahwa bermain game itu tidak bermanfaat, hanya kegiatan yang membuang-buang waktu semata.

Belum lagi, banyak mitos yang menyebutkan bahwa bermain game bisa mengancam kesehatan seperti merusak kesehatan mata, bisa membuat bodoh, dan lain sebagainya.

Tidak bisa dipungkiri, sisi negatif dari bermain game memang ada, apalagi jika dilakukan secara berlebihan. Namun di balik itu, bermain game juga memiliki nilai positif jika ditekuni dengan baik.

Seperti meningkatkan kinerja dan kemampuan otak, menghilangkan stres, meningkatkan fokus, hingga bisa menghasilkan uang.  

Kini, nilai positif bermain game semakin tampak jelas. Kehadiran E-Sport (Electronic Sports) telah membuat dunia gaming berubah.


E-Sport perlahan mematahkan stigma buruk bermain game, karena telah menjadi salah satu tempat untuk meraih prestasi yang juga bisa membanggakan.

Kini banyak orang telah menyadari bahwa bermain game bukan hanya menjadi hiburan saja, tapi juga bisa mengasah skill agar semakin mahir untuk memenangkan pertandingan. Sebab itulah, E-Sport semakin digemari dan jumlah pesertanya semakin meningkat seiring berjalannya waktu.
 

E-sport di Indonesia Berkembang Semakin Pesat

Seiring perkembangan internet yang dimulai pada era 1990-an, di Indonesia, sebenarnya bermain game online sudah mulai banyak peminatnya.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya anak-anak remaja yang berbondong-bondong mengunjungi tempat-tempat bermain game online seperti warnet (warung internet) pada masa itu.

Kemudian pada tahun 1999, untuk pertama kalinya, game online memiliki kompetisi resmi di Indonesia yang bertajuk Liga Game dengan memainkan game "Starcraft" dan "Quake II".

Kemudian pada tahun 2002, kembali diadakan lagi turnamen game online bernama "Cyber Game" yang mempertandingkan berbagai game, seperti Age of Empires II, Counter Strike, dan FIFA World Cup.

Baca Juga: Bagaimana Awal Sejarah E-Sport di Indonesia?

Meskipun dalam perjalanannya sempat mengalami naik-turun, namun pada tahun 2018, perkembangan E-Sport di Indonesia kembali melesat lantaran banyak game yang sudah berbasis mobile. Sehingga, bisa dimainkan dimana saja dan kapan saja melalui handphone.

Sejak saat itu, perkembangan E-Sport di Indonesia bisa dibilang merupakan salah satu yang terpesat perkembangannya di dunia, karena beberapa game seperti PUBG atau Mobile Legends memiliki jumlah pemain yang mencapai hingga 60 juta orang di Indonesia.

Menariknya lagi, ajang E-Sport ini bukan hanya berlangsung skala nasional saja. Tak sedikit juga tim E-Sport Indonesia yang sudah berlaga di kancah internasional.

Hal tersebut dapat kita lihat dalam berbagai ajang bergengsi, termasuk dalam gelaran Asian Games dan juga SEA Games dalam beberapa tahun belakangan ini.

Dengan dimasukkannya E-Sport ke dalam cabang olahraga resmi tersebut, tentu hal ini menandakan bahwa dunia gaming telah diakui sebagai olahraga terkemuka yang juga sangat diperhitungkan keberadaanya.

Bahkan, pemerintah Indonesia sendiri telah mengadakan kegiatan khusus untuk mendukung kemajuan E-Sport di Indonesia.

Misalnya, mengadakan turnamen Piala Presiden E-Sport dan Piala Menpora E-Sport agar para semakin semangat mengasah skill yang mereka miliki untuk bisa mengukir prestasi yang lebih baik hingga kancah internasional.

Hingga saat ini, sudah semakin banyak tim E-Sport dari Indonesia yang melaju ke turnamen-turnamen bergengsi dunia. Tidak sedikit dari mereka berhasil meraih kemenangan dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia.

Melihat hal ini, maka tidak dipungkiri bahwa E-Sport merupakan salah satu kegiatan yang bisa menjadi peluang yang menjanjikan bagi para gamer untuk ditekuni secara serius. Sebab pada kenyataanya, E-Sport kini telah menjadi salah satu profesi dengan bayaran yang menggiurkan.

Untuk menjadi seorang pemain E-Sport yang hebat, kesempatannya pun kini terbuka semakin luas, memungkinkan siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa untuk bisa meraih profesi tersebut.
 

Berbagai Upaya Mendukung Kemajuan E-Sport di Indonesia

Kita semua tahu, bahwa kini keberadaan internet punya peranan yang penting. Bahkan, sudah menjadi bagian dari kebutuhan utama bagi kehidupan kita sehari-hari, baik untuk urusan bekerja, belajar, menikmati hiburan, termasuk juga untuk bermain game online atau E-Sport.

Makanya, untuk bisa mewujudkan impian kita menjadi E-Sport yang hebat, selain membutuhkan dukungan perangkat kerja yang mumpuni, tentu sangat diperlukan juga koneksi internet yang lancar agar bisa memudahkan kita memainkan game online secara maksimal.

Baca Juga: China Cap Game Online Sebagai "Electronic Drugs", Saham Tencent dan NetEase Merosot

Untuk itu, memasang WiFi rumah menjadi salah satu solusi agar kebutuhan kita untuk mendapatkan kualitas internet yang lancar dan stabil bisa terpenuhi. Sehingga, kita pun bisa berlatih bermain game online dengan leluasa.    

Saat ini, untuk mendapatkan koneksi internet yang berkualitas bisa didapatkan dengan semakin mudah. 

Hadirnya layanan internet berbasis WiFi rumah ini, tentu sangat membantu kita dalam memenuhi kebutuhan internet dalam keseharian kita. Terlebih, bagi para pemain E-Sport yang ada di berbagai pelosok sekalipun, agar tetap bisa berlatih bermain game semakin maksimal.

Maka dari itu, bagi siapapun yang kini senang bermain game online dan benar-benar serius ingin menjadi pemain E-Sport profesional, mari manfaatkan kesempatan dan dukungan yang ada. Terus berlatih dengan sungguh-sungguh, karena E-Sport akan menjadi sebuah hobi sekaligus profesi yang menjanjikan di masa depan.


Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga?

Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.