Gunakan Tools Ini untuk Memudahkan Kamu Bisnis Online!

Beberapa Tools Yang dapat Memudahkan Dalam Berdagang di Media Sosial - Ilustrasi Web Bisnis Muda - Image Canva.com

Beberapa Tools Yang dapat Memudahkan Dalam Berdagang di Media Sosial - Ilustrasi Web Bisnis Muda - Image Canva.com

Like

Be-emers yang mau jualan online bisa memanfaatkan beragam tools yang tersedia secara gratis ini. Maksimalkan penggunaan tools ini untuk membantu memperluas bisnis onlinemu.

Di era digital dengan adanya perkembangan teknologi yang pesat masyarakat harus bisa memanfaatkanya dengan baik serta dituntut menggunakannya untuk menjadi lebih kreatif lagi.

Banyak yang berpikir dengan media digital yang semakin canggih ini mempermudah semua hal yang kita lakukan, salah satunya ialah menjalankan bisnis. Menjalankan sebuah bisnis di media sosial sebenarnya tidaklah mudah. 

Berjualan online tidak hanya memiliki produk, kemudian posting, lalu promosikan di semua akun media sosialnya dan menunggu pembeli yang datang dengan sendirinya. Bukan cara yang seperti itu dalam berjualan yang benar, tentu harus ada pendukung di media sosial itu sendiri.

Dengan persaingan yang semakin kompetitif ini, membuat konten yang berkualitas saja tidak akan cukup untuk menarik perhatian pembeli. Harus banyak pertimbangan dalam membuat konten.


Misalnya mempertimbangkan efektivitas konten dalam menjangkau target, membuat perencanaan terlebih dahulu, mengenal target lalu melakukan evaluasi konten sebelum diunggah di media sosial.

Untuk dapat mengukur kinerja pemasaran dalam media sosial perlu memamfaatkan beberapa bantuan dari berbagai tools yang tersedia di internet. Penjual membutukan bantuan marketing tools.
 

Tools untuk Membantu Bisnis Online


Ada beberapa tools yang bisa kamu manfaatkan dalam berbisnis, diantaranya:
 

1. Buffer


Tools ini akan membantu pebisnis untuk meraih audience potensial secara maksimal dengan melakukan postingan secara otomatis pada waktu terbaiknnya.

Buffer yang juga memiliki browser extension dan aplikasi mobile, sehingga kamu bisa dengan mudah menambahkan konten yang akan dishare tanpa harus berpindah ke halaman web lain.

Secara sederhana, tools buffer ini adalah salah satu tools untuk membuat scheduling dan posting konten. Tampilan yang sederhana ini bisa menjadi daya tarik untuk target karena banyak fitur yang simple.
 

2. Software Desain


Salah satu software terkenal yang memudahkan pengguna ialah canva. Canva yang banyak menyediakan desain barang atau informasi jasa, poster, brosur atau pun materi pemasaran lainnya.

Canva menyediakan template atau elemen yang menarik dan dapat menentukan keberhasilan pebisnis untuk mendapatkan konsumen potensial, karena canva yang menyediakan fitur dengan cara yang gratis.
 

3. Website


Para pebisnis pun sudah mulai menggunakan website dalam berjualan online. Dikutip dari cermati website membantu pebisnis untuk meraih pasar yang luasnya tak terbatas, sekaligus menjadikan poin penting untuk dapat menunjukan eksistensi bisnis yang dijalannya.
 

Berdagang di Media Sosial Menggunakan Tools - Bisnis Muda - Image. canva.com

Berdagang di Media Sosial Menggunakan Tools - Bisnis Muda - Image. canva.com
 

4. E-Commerce


Dalam berjualan online setidaknya harus memiliki toko di e-commerce untuk memasarkan produk atau memposting dagangan agar bisa cepat dilihat oleh konsumen. E-commerce yang tentunya akan lebih banyak menarik konsumen sekaligus menawarkan promo yang ada.

E-commerce menjadi platform utama bagi pebisnis, seperti menaruh produk di shoppe, tokopedia, bukalapak, lazada, serta e-commerce lainnya.
 

5. Google Analytics


Tools ini cukup penting bagi pebisnis, karena tools ini dapat membantu dalam mengelola data penting yang dibutuhkan berkaitan dengan pengunjung situs web yang dimiliki pebisnis. Google Analytics bisa membantu bisnis dalam beberapa hal.

Diantarannya berapa banyak jumlah pengunjung harian, dari mana asalnya, berapa lama waktu yang dipakai oleh konsumen dalam mencari informasi bisnis, dan lainnya. Tools ini akan membantu mengetahui sejauh mana platform yang kamu miliki itu berpengaruh bagi konsumen.

Secara singkatnya, ini tools yang dapat mengetahui traffic, penilaian performa, serta gambaran para pengunjung website.
 

6. Mailing List


Memiliki Mailing List dapat mempermudah dalam memilih informasi e-mail dari klien, partner bisnis atau konsumen pontesial yang dimiliki. Mailing list fitur untuk mengelompokkan kontak penting yang ingin di-update informasinya setaip hari secara efisien.

Be-emers bisa menggunakan aplikasi yang bernama MailChimp, yang dapat mengelola newsletter bisnis dengan berbagai template atau cetakan yang sudah disediakan, serta mendapatkan statistik tentang pandangan konsumen terhadap jasa atau barang yang ditawarkan, laporan pendapatan dan lainnya.

Nah, tools diatas ini bisa dijadikan referensi yah sama Be-emers, jika Be-emers mau memulai berbisnis jangan lupa gunakan tools diatas yah!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.