Yuk, Teladani Cara Berdagang ala Nabi Muhammad Ini!

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda

Like

Memasuki bulan Ramadan biasanya bakal banyak penjual dadakan nih Be-emers. Kalau kamu berniat jadi salah satunya simak dulu yuk cara berdagang ala panutan umat muslim, Nabi Muhammad.

Nabi Muhammad dikenal sebagai pedagang ulung. Beliau menjadikan berdagang sebagai mata pencaharian utamanya. Kisahnya dalam berdagang juga sudah sering disampaikan oleh para ahli agama.

Nabi Muhammad memiliki caranya sendiri dalam berdagang yang diyakini oleh banyak orang merupakan cara yang mengutamakan keberkahan.
 

Cara Berdagang ala Nabi Muhammad


Buat Be-emers yang mau berdagang, bisa terapkan cara berdagang ala Nabi Muhammad ini.
 

1. Selalu Jujur


Nabi Muhammad selalu menerapkan sikap jujur, apalagi dalam berdagang. Sikap jujurnya ditunjukan bisa lewat memberi harga dagangan yang jujur. Bisa juga jujur dalam jawab pertanyaan pembeli atau konsumen, dan lain-lain.
 

2. Menghargai Pelanggan



Saat berdagang, Nabi Muhammad tidak membeda-bedakan siapa pelanggan yang membeli dagangannya. Di mata Nabi, semua orang yang datang ke tempat ia berdagang sama. Walaupun kalangannya berbeda-beda, tetap dilayani dengan setara.

Kesetaraan inilah yang membuat pembeli atau konsumen jadi senang dengan kita, terlebih ketika pelayanan kita juga baik. Pelanggan merasa tidak ada diskriminasi sehingga nyaman membeli dagangan kita.
 

3. Mengambil Untung dengan Harga yang Baik


Waktu berjualan, Nabi Muhammad tidak mengambil untung yang banyak karena beliau lebih mengutamakan keberkahan dalam dagangannya. Jadi, dalam bisnis apapun, ambil keuntungannya yang wajar dan sopan.

Dari sisi pembeli pun bakal senang lho kalau harga dagangan kita terjangkau dan kompetitif. Pelanggan akan bisa menilai dari harga yang diberikan apakah sesuai dengan kualitas barang yang dijual.
 

4. Tidak Menjatuhkan Kompetitor


Pasti dalam perdagangan itu memang tidak luput dari persaingan. Tapi, jangan sampai ada niatan untuk menjelekkan kompetitor atau pedagang lain. Bersaing sangat diperbolehkan, tapi harus dengan cara yang sehat.
 

5. Tidak Menyerah


Dalam berdagang atau berbisnis, tentu kita butuh waktu untuk belajar dan berproses. Jadi, kita tidak boleh mudah menyerah dan harus tetap berusaha. Nabi Muhammad pun tidak langsung sukses dalam berdagang.

Banyak hal yang harus dilewati sebelum mencapai kesuksesan. Sebagai umatnya kita bisa meneladani sikap dan cara beliau dalam berdagang. 

Nah, Be-emers itu dia cara berdagang ala Nabi Muhammad. Sebenarnya itu merupakan cara-cara yang umum, namun sering dilewati oleh kita yang ingin cepat-cepat sukses dalam berdagang.

Artikel ini juga tersedia dengan visual yang lebih menarik di Instagram Bisnis Muda lho, Be-Emers!

Pastikan kamu melihatnya dengan klik foto di bawah ini, ya!

Jangan lupa tinggalkan kritik, saran, atau masukan di kolom komentar!

 

Instagram Bisnis Muda

Instagram Bisnis Muda