Stop Flexing, Mulai Hidup Sederhana Biar Tenang! Intip Caranya

Indra Kenz yang Suka Flexing Namun Sekarang Dipenjara (Sumber Gambar: Bisnis.com)

Indra Kenz yang Suka Flexing Namun Sekarang Dipenjara (Sumber Gambar: Bisnis.com)

Like

Halo Be-emers, kamu pasti setuju bahwa dewasa ini, pamer kekayaan sedang menjadi tren. Mulai dari memamerkan uang banyak, mobil mewah, rumah megah, hingga koleksi barang-barang branded. Pasti sudah enggak asing dengan istilah flexing dong? Yuk, kita bahas!
 
Banyak orang yang merasa bahwa memiliki banyak harta adalah tanda kesuksesan. Bahkan, kemewahan sering kali dianggap sebagai simbol status sosial yang tinggi. Inilah perbedaan kekayaan, antara rich dan wealth.

Pamer kekayaan seakan jadi hal yang lumrah saat ini. Orang terkenal seperti artis, influencer, dan lainnya berlomba-lomba membuat konten yang menunjukan seberapa kaya mereka. Tindakan ini juga dikenal dengan flexing atau memamerkan.
 

Kekayaan Sesungguhnya


Kekayaan sesungguhnya (wealthness) itu bukan terletak pada uang yang banyak di dompet, mobil dan rumah mewah, serta koleksi barang branded. Melainkan terletak pada kebijaksanaan dalam pikiran dan perbuatan, serta banyaknya aset bisnis atau portofolio investasi yang dimiliki.

Baca Juga: Tips Menjadi Kaya ala Warren Buffett, Yuk Tiru!

Makanya kalau kita baca berita tentang orang terkaya di Indonesia bahkan dunia, naik turunnya kekayaan mereka tergantung pada valuasi bisnis atau saham yang dimilikinya.
 
Pamer kekayaan sebenarnya tidak sehat. Bagaimana tidak, selain bisa membuat orang lain merasa tidak nyaman, kita juga bisa terjebak dalam pola konsumsi yang tidak sehat dan membuang-buang uang hanya untuk memenuhi keinginan ego yang cuma sesaat.
 

Bagaimana Hidup Sederhana Bisa Membantu Kita?

 
Oleh karena itu, mengapa tidak kita coba mulai hidup sederhana dan menghindari pamer kekayaan? Selain lebih sehat untuk pikiran dan keuangan kita, hidup sederhana juga bisa memberikan banyak manfaat yang positif.
 
Pertama, hidup sederhana membuat kita lebih fokus pada hal-hal yang penting. Ketika kita tidak terlalu terobsesi dengan barang-barang mewah atau status sosial, kita bisa lebih banyak memikirkan hal-hal yang lebih penting seperti kesehatan, keluarga, atau karir.


Kita bisa lebih mudah fokus pada hal-hal yang memang memberikan nilai tambah untuk hidup kita.

Baca Juga: Sederhana dan Hemat, Gaya Hidup Lo Kheng Hong yang Inspiratif!
 
Kedua, hidup sederhana bisa membantu kita menghemat uang. Ketika kita tidak terobsesi dengan barang-barang mewah atau gaya hidup yang konsumtif, kita bisa mengalihkan uang kita untuk hal-hal yang lebih bermanfaat seperti investasi atau tabungan untuk masa depan.
 
Kita juga bisa memilih untuk membeli barang-barang yang memang dibutuhkan saja, dan tidak tergoda untuk membeli barang yang tidak perlu hanya untuk memenuhi keinginan belaka.
 
Ketiga, hidup sederhana juga bisa membantu kita mengurangi stres. Ketika kita tidak terlalu terobsesi dengan status sosial atau membandingkan diri kita dengan orang lain, kita bisa merasa lebih puas dan bahagia dengan apa yang kita miliki.

Kita bisa lebih bersyukur atas apa yang kita miliki dan tidak merasa terbebani dengan keinginan untuk selalu memiliki barang-barang mewah atau status sosial yang tinggi.
 
Mungkin terdengar sulit untuk mulai hidup sederhana di tengah budaya yang terus mendorong kita untuk pamer kekayaan atau flexing. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba dan mengambil langkah kecil untuk hidup sederhana. 
Kita bisa mulai dengan mengurangi penggunaan barang-barang mewah yang tidak perlu, atau memilih untuk membeli barang yang lebih sederhana namun tetap berkualitas.
 
Kita juga bisa mencari inspirasi dari orang-orang yang sudah sukses dengan gaya hidup sederhana, seperti Pak Lo Kheng Hong, seorang investor saham ternama di Indonesia. Beliau terkenal dengan gaya hidupnya yang sederhana meski memiliki kekayaan yang luar biasa.
 
Sebagai kesimpulan, hidup sederhana bukan hanya sekedar gaya hidup, tetapi juga filosofi hidup yang bisa memberikan banyak manfaat positif. Dalam budaya yang serba materialistik seperti saat ini, hidup sederhana mungkin terlihat sulit dilakukan. 

Namun, dengan niat yang tulus dan langkah kecil yang konsisten, kita bisa mencapai gaya hidup yang lebih sederhana dan sehat. Kita bisa lebih bahagia, lebih puas, dan lebih sukses dengan menghindari pamer kekayaan dan memilih hidup sederhana.
 
Jadi, mari kita mulai hidup sederhana dan menghindari pamer kekayaan yang tidak sehat. Kita bisa menjadi lebih bahagia, lebih puas, dan lebih sukses dalam hidup kita dengan gaya hidup yang sederhana.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.