Loreal Akuisisi Aesop dengan Nilai Terbesar Sepanjang Sejarah!

(Foto: Campaign Asia)

(Foto: Campaign Asia)

Like

Brand raksasa Loreal sepakat mengakuisisi luxury skin care brand Aesop dengan nilai US$2,5 miliar. Nilai ini disebut jadi yang terbesar sepanjang sejarah Loreal.

Akuisisi Loreal diresmikan pada Senin (3/4). Dalam pernyataannya Loreal mengatakan ini sebagai strategi untuk memperluas jangkauannya di China.
 

Brand Skin Care Aesop


Mengutip dari The New York Times, Aesop didirikan oleh Dennis Paphitis, seorang hairdresser yang berbasis di Melbourne pada tahun 1987. 

Aesop punya banyak penggemar karena produk kulit, rambut, dan tubuhnya yang tanpa bahan-bahan hewani, seperti beeswax dan madu.

Merek ini menjadi terkenal karena botolnya yang gelap dan bergaya seperti obat apoteker, dibungkus dengan label putih dan hitam, yang sekarang wajib ada di beberapa restoran kelas atas dan di kamar mandi pecinta desain interior. 


Pada tahun 2009, penjualan meroket setelah Aesop mengambil kembali kendali distribusi globalnya dari distributor independen dan rutin mengecek restoran dan kafe yang menyimpan produknya. 

Baca Juga: Merger dan Akuisisi pada Startup, Apa Bedanya Yah?

Pada tahun 2017, Mr. Paphitis menjual Aesop ke Natura & Co, sebuah perusahaan kosmetik Brasil yang memiliki Avon dan The Body Shop. 

Penjualan tersebut akan membantu Natura & Co. mengatasi margin yang menyusut dan akan membantunya memangkas utangnya, karena Natura & Co. berfokus pada penjualan di Amerika Selatan.

Aesop memiliki hampir 400 toko di Amerika, Eropa, Australia, Selandia Baru, dan Asia, termasuk dua toko di Shanghai yang dibuka tahun lalu.

Toko Aesop biasanya memiliki estetika minimalis, dengan wastafel di dalamnya sehingga pelanggan dapat menguji produk di tangan mereka.
 

Aesop Diakuisisi Loreal


Loreal jadi perusahaan kosmetik terbesar di dunia yang membawahi banyak brand termasuk  Kiehl’s, Maybelline dan Lancôme. Mereka terus menambah brand natural skin care selama dua dekade terakhir. 

“Loreal akan berkontribusi untuk melepaskan potensi pertumbuhan Aesop yang sangat besar, terutama di China dan ritel travel,” kata Nicolas Hieronimus, kepala eksekutif Loreal soal akuisisi Aesop.

Baca Juga: Beauty Brand Ini Terapkan Sustainable Beauty, Tertarik Mencoba?

Nilai akuisisi Aesop oleh Loreal sebesar US$2,5 miliar dan jadi yang terbesar sepanjang sejarah Loreal. 

Selama setahun terakhir, Aesop membukukan pertumbuhan pendapatan dua digit. Aesop menjual beragam produk mulai dari sabun cuci tangan eksfoliasi, lotion tubuh beraroma, dan kit dupa di 29 pasar. 

Kesepakatan antara Loreal dan Aesop ini diharapkan akan ditutup pada kuartal ketiga tahun ini.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung