Mau Mulai Berbisnis Online? Simak Tips Berikut!

Membangun bisnis mudah dengan berbisnis online (Sumber gambar: unsplash.com)

Membangun bisnis mudah dengan berbisnis online (Sumber gambar: unsplash.com)

Like

Perkembangan teknologi dan hadirnya internet memberikan banyak kemudahan dalam berbagai hal ya Be-Emers, salah satunya dalam berbisnis online. Buat kamu yang baru mau memulai bisnis online wajib simak tips dalam artikel ini!

Memang apa sih benefit bisnis online? Selain tidak harus memiliki toko fisik sehingga tidak memakan biaya yang besar, kamu juga bisa melaksanakannya secara fleksibel alias cocok untuk dilakukan berbagai kalangan mulai dari pelajar hingga karyawan.

Meski demikian, membangun bisnis online juga membutuhkan beberapa hal selain modal, diantaranya harus memiliki pengetahuan dalam bisnis dan bisa manajemen waktu yang baik.


Tips Memulai Bisnis Online Pertama untuk Pemua

 
Berikut ini adalah tips untuk membangun bisnis online pertama untuk Be-Emers.


1. Menentukan barang yang ingin dijual


Ini adalah langkah pertama yang sangat penting untuk memulai membangun bisnis online. Cara menentukan produk apa yang ingin dijual adalah dengan mencari tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar saat ini.

Baca Juga: Bagaimana Cara Memilih Niche Market untuk Bisnis Online?


Hal ini dilakukan agar Be-Emers bisa mencari peluang yang ada dan mengambil pangsa pasar yang ada saat ini.


2.Melakukan riset pasar


Setelah Be-Emers mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pasar saat ini, selanjutnya adalah meriset pasar yang ada. Kenapa? Karena ini bisa menjadi patokan untuk memutuskan akan memilih produk tersebut untuk berbisnis online atau mencari produk lain.

Be-Emers bisa mulai dengan menganalisa kompetitor. Caranya dengan mencari produk yang sudah ditentukan dan buat beberapa list tentang kompetitor. Seperti rentang harga yang ditawarkan, kualitasnya, lokasinya, jumlah penjualannya, dan ulasan pembeli.

Buatlah analisa dari beberapa kompetitor, idealnya kamu harus menganalisa minimal 2 kompetitor supaya bisa membandingkan keunggulan dan kekurangan dari masing masing kompetitor.

Selain menganalisa kompetitor Be-Emers juga bisa melihat apakah produk tersebut sedang tren atau tidak. Be-Emers bisa menggunakan beberapa tools seperti google trends atau bahkan menggunakan sosial media dan mencari produk dengan kata kunci produk yang ingin dijual.


3.Menentukan target pasar


Setelah riset pasar baik dari kompetitor maupun mengetahui produk tersebut sedang tren atau tidak Be-Emers juga harus menentukan target pasar. Kenapa? Supaya kamu memiliki target konsumen yang jelas dan konsumen yang ditargetkan sesuai dengan produk yang ingin dijual.

Mulai dari menganalisa beberapa karakteristik dari target pembeli seperti gender, usia, lokasi atau wilayah tempat tinggal dan penghasilannya.

Contohnya ketika Be-Emers sudah menentukan ingin menjual pakaian bayi premium dengan kualitas terbaik, Be-Emers bisa membuat target pasar pasangan suami istri yang baru saja menikah atau pasangan suami istri yang akan segera memiliki anak dan berpenghasilan menengah keatas.


4.Melakukan promosi secara rutin


Setelah Be-Emers sudah menentukan produk, bisa mulai untuk berjualan dan aktif melakukan promosi. Kamu bisa memanfaatkan banyak platform digital yang tersedia seperti sosial media ataupun e-commerce.

Jika berjualan produk fisik, ambil foto produkmu dan buat semenarik dan sedetail mungkin. Be-Emers juga bisa mulai sedikit demi sedikit belajar mengenai teknik menulis copywriting atau kalimat promosi yang menarik.

Baca Juga: 9 Strategi Pemasaran Efektif untuk Bisnis Online


5.Mempertahankan pelanggan


Jika Be-Emers sudah berhasil mendapatkan pelanggan sangat penting untuk mempertahankannya. Kenapa? Karena pelanggan yang telah membeli produk dari kita bisa memberikan nilai tambah dalam berkembangnya bisnis.

Ketika pelanggan merasa puas bukan tidak mungkin ia akan merekomendasikan produkmu kepada teman ataupun keluarganya. Jadi, cobalah untuk berbaik hati kepada pelanggan. Caranya bisa memberikan diskon ataupun memberikan promo-promo menarik untuknya.


6.Melakukan evaluasi


Last but not least, Be-Emers perlu untuk melakukan evaluasi juga secara rutin. Kenapa? Supaya Be-Emers bisa mengetahui kekurangan apa saja yang ada selama menjalani bisnis ini. Setelah mengevaluasi bisnis, cobalah untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada.

Demikianlah tips membangun bisnis online bagi pemula, lakukanlah cara-cara tersebut dengan benar dan jangan patah semangat karena dalam berbisnis pasti ada pasang surutnya.Selamat mencoba berbisnis online!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.