8 Tips Membangun Relasi dengan Teman, Keluarga, dan Pasangan!

Nongkrong bisa jadi cara membangun relasi (Foto: Canva)

Nongkrong bisa jadi cara membangun relasi (Foto: Canva)

Like

Kita pasti membutuhkan orang-orang di sekitar dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu penting untuk membangun relasi dengan orang-orang di sekitar baik itu teman, keluarga, bahkan pasangan.

Tapi, terkadang hubungan itu dapat hancur akan suatu masalah yang terjadi di pengalaman kita masing masing dan terkadang itu tidak bisa dihindari.

Tentunya ada suatu saat dimana kita ingin membangun relasi kita yang hancur kembali. Jadi bagaimana sih caranya kita menjaga dan mengembangkan hubungan relasi kita?


Cara Membangun Relasi dengan Orang Lain


1. Belajar mengendalikan emosi


Ketika kita berkomunikasi, ada suatu saat dimana kita akan terlalu bersemangat untuk menjawab yang membuat kita berbicara tanpa mendengarkan isi otak dan lawan bicara. 

Ini adalah tugas kita untuk mengatur emosi sehingga setiap yang kita lakukan bisa terkendali dan tidak membuat lawan bicara tidak nyaman.



2. Berpikir sebelum bicara 


Belajarlah berpikir terlebih dahulu omongan yang akan kita ucapkan, terkadang kita suka terlalu semangat untuk melontarkan perkataan tanpa berpikir. Mulailah berhati hati dan belajar untuk evaluasi diri apakah omongan yang kita akan ucapkan berbobot atau tidak.


3. Tambahkan sedikit humor dalam perbincangan


Di dalam sebuah perbincangan terdapat beberapa saat diman kita akan merasa bosan, maka cobalah tambah sedikit humor dalam sebuah perbincangan.

Namun, perlu diketahui dulu nih selera humor lawan bicara kita. Usahakan humor yang kita lontarkan tidak bersifat kontroversial bagi lawan bicara yaa


4. Mau memahami perspektif orang lain


Di sebuah perbincangan jika ada seseorang yang sedang curhat, cobalah untuk memahami jika kita berada di posisinya dan tunjukan empatimu.


5. Berikan pendapat serta perspektifmu ke lawan bicara


Jika sudah memahami perpektif orang lain maka cobalah berikan pendapatmu dari perspektifmu untuk menyemangati atau memberi saran untuk lawan bicaramu. 


6. Menaruh perhatian ke lawan bicara


Ketika sedang mengobrol, taruhlah perhatian mu dan tatap mata lawan bicaramu agar dirimu terlihat serius mendengarkannya.


7. Meminta maaf jika melakukan kesalahan


Kalau melakukan kesalahaan dan kamu menyadarinya sebaiknya langsung mengevaluasi diri dan meminta maaf segera agar tidak memperpanjang masalah.


8. Tunjukan rasa hormat dan menghargai


Tunjukanlah rasa sopanmu dengan menghargai dan menghormati satu sama lain, biasakan untuk berterima kasih, menghargai orang lain, dan belajar basic manner

Walaupun begitu pasti saat berkomunikasi kita tetap akan melakukan kesalahan, enggak apa-apa! Kita juga manusia kok, kita diberikan akal pikiran untuk lebih belajar lagi.

Hati-hati juga yaa dengan orang orang yang toxic, sebaiknya menjauh dengan orang orang yang membuatmu semakin banyak pikiran.

Semoga membantu!


Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.