Lagi PDKT? Ini Cara Bangun Topik Pembicaraan Paling Mudah!

Kunci PDKT adalah ngobrol (Foto: Canva)

Kunci PDKT adalah ngobrol (Foto: Canva)

Like

Be-emers saat ini lagi ada di fase pengenalan atau populernya disebut PDKT? Salah satu hal yang sulit di fase ini adalah soal membuka obrolan.

Enggak dapat dipungkiri saat pertama kali berkenalan pasti ada rasa canggung sehingga enggak bisa luwes dalam mengobrol.

Sayangnya, ini bikin hubungan sulit untuk berkembang. Nah, biar hubunganmu enggak disitu-situ aja coba deh mulai dari obrolan yang seru.

Simak tips dan cara membangun obrolan di bawah ini, Be-emers!


Cara Membangun Topik Pembicaraan


1. Komentar Soal Lingkungan Sekitar


Kalau kamu baru pertama bertemu atau belum kenal banget sama orang yang kamu ajak ngobrol, kamu bisa ngomongin soal lingkungan sekitar. 


Misalnya, kamu sedang berada di coffee shop kamu bisa tuh mulai buka obrolan dengan komentari soal pilihan musik coffee shop tersebut. Atau mungkin dekorasi dan pilihan menunya.

Kalau kamu sedang berada di tempat terbuka seperti taman kamu bisa membuka obrolan soal bersih atau tidaknya tempat tersebut. Atau tanya juga ke lawan bicara apakah sudah pakai sunscreen belum, soalnya kan di tempat terbuka.


2. Ngomongin Soal Cuaca


Ini nyambung banget sama poin sebelumnya. Obrolan soal cuaca adalah pembuka obrolan paling mudah dan mayoritas berhasil, asalkan tidak terlalu basa-basi.

Kamu bisa membawa topik soal cuaca yang sedang terjadi belakangan. Misalnya di Jakarta yang sangat berpolusi. Kamu bisa bilang kalau polusi ini membawa dampak buruk buat kamu berupa apa yang kamu rasakan.

Atau kalau kamu tinggal di luar Jakarta kamu bisa bilang bahwa enggak bisa membayangkan bagaimana kalau kamu harus menghirup polusi seperti itu setiap hari. Biasanya nanti obrolan akan mengalir dengan natural.


3. Singgung Soal Hal Viral di Media Sosial


Kalau yang satu ini pasti enggak pernah gagal. Siapa yang saat ini enggak main media sosial? Pasti lawan bicaramu juga aktif di media sosial. 

Kamu bisa mulai percakapan dengan menyinggung apakah lawan bicaramu sudah melihat konten A yang sedang viral. Jika belum kamu bisa tunjukan kontennya dan secara otomatis lawan bicaramu akan memberikan tanggapannya.

Dari sini kamu juga bisa tahu preferensi konten-konten yang dilihatnya seperti apa. Nah kamu bisa bahas tuh konten-konten yang sering dia lihat. 


4. Tanya Opini atau Pendapat


Kamu juga bisa tanya pendapatnya soal sesuatu, tapi kamu harus hati-hati untuk yang satu ini. Karena jika hal yang kamu tanyakan cukup sensitif maka malah bisa jadi perdebatan.

Misalnya kamu bertanya pendapatnya soal saat date siapa yang seharusnya membayar. Lebih baik kamu tanyakan hal yang umum saja.


5. Ngomongin Soal Hobi


Setelah ngobrol dan mungkin kehabisan topik, kamu bisa mulai bertanya soal hobi yang dia sukai. Apa yang dia kerjakan di waktu senggang atau weekend.

Kalau hobi itu berkebalikan atau hal yang belum kamu tahu sebelumnya, maka berpotensi menjadi obrolan yang panjang. 

Kuncinya, kamu harus terlihat tertarik dengan hobinya akan obrolan kalian bisa panjang. Sesekali timpali juga dengan hobi atau apa yang kamu lakukan di akhir pekan.

Sudah siap untuk PDKT lagi, Be-emers?

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.