Cari Tahu Soal Hook, Kekuatan Baru dalam Digital Marketing!

Hook (Sumber gambar : pixbay.com)

Hook (Sumber gambar : pixbay.com)

Like

Hook merupakan sebuah istilah yang sedang tren saat ini seiring perkembangan media sosial sebagai wadah untuk mempromosikan barang atau jasa.

Adanya berbagai macam jenis sosial media membuat seorang content creator dan pengusaha online memahami tentang hook agar menarik perhatian orang-orang.


Pengertian Hook


Arti kata hook adalah pancing, arti secara luas nerupakan suatu strategi untuk memancing penonton maupun calon customer. 

Tujuan hook sendiri dalam media sosial atau presentasi, agar konten atau acara yang disajikan tidak monoton dan membosankan. Hook dalam media sosial banyak yang sudah membahas, baik melalui tulisan dan video.

Manfaat hook sendiri ada banyak, diantaranya adalah meningkatkan perhatian dan minat penonton atau netizen sehingga terjadi interaksi dalam suatu konten. Interaksi yang dimaksud seperti, komentar, like, share dan saved sebuah konten.


Diharapkan dari hook yang menarik, sebuah konten bisa menjadi viral dan mudah menyebar dengan cepat di media sosial dan mencapai reach yang luas, sehingga dapat dicapai target yang potensial, misal berujung closing penjualan.


Tips Menerapkan Hook


Sebelum menerapkan hook, menentukan tema dan topik konten yang akan di posting menjadi langkah awal. Kemudian, mengenal audience atau niche. 

Dengan mengetahuinya, Be-emers bisa membuat hook sesuai kebutuhan dan keinginan audience atau niche. 

Selanjutnya, jangan membuat kalimat hook yang terlalu panjang, buatlah kalimat hook yang singkat, padat, jelas serta menarik, seperti memancing rasa penasaran dan keingintahuan niche.

Jangan lupa menjaga kesesuian hook dengan konten yang dibuat, jangan sampai hook tidak nyambung, karena membuat viewer berujung kecewa.

Berikut beberapa contoh pola hook yang dapat Be-mers gunakan saat membuat konten yah, yaitu :
  1. Hook Rasa Penasaran, contoh "Kamu pasti kaget dengan fakta baru ini..."
  2. Hook Pencapaian, contoh "Tidak perlu modal besar untuk omset 1jt per hari, cukup dengan 3 langkah ini..."
  3. Hook Harus Dihindari, contoh "Di tahun 2014 saya pernah mengalami kegagalan karena hal ini..."
  4. Hook Kebanyakan Orang "Kebanyakan orang semangat resolusi hanya di awal tahun saja...
Nah, itulah sekilas tentang hook yah, Be-emers, sebenarnya masih ada banyak sekali contoh hook lainnya, tapi semoga yang sedikit ini, bisa membantu kontenmu agar naik reachnya yah, dan mendapatkan banyak interaksi.  

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.