Awas, Kenali Tanda Hubungan Red Flag!

Lari ada red flag!!! (Foto: Canva)

Lari ada red flag!!! (Foto: Canva)

Like

Belakangan ini orang-orang semakin concern dengan hubungan yang sehat. Tidak hanya hubungan dengan pasangan, namun juga dengan teman dan keluarga.

Seharusnya, hubungan dengan orang lain membawa kebahagiaan dan ketenangan. Biasanya di awal-awal hubungan orang masih terbawa perasaan.

Semua terasa indah dan menarik. Sehingga biasanya orang-orang akan mengabaikan tanda-tanda tidak baik yang ada di pasangan atau orang sekitarnya.

Ketika sadar bahwa ini bukanlah perilaku atau kebiasaan yang baik, kamu sudah terlanjur jauh membina hubungan. Dengan alasan itu akhirnya kamu melanjutkan hubungan yang sudah terjalin.

Tanda-tanda ini kini memiliki istilah yang biasa kita sebut dengan red flag. Jika diartikan secara harfiah red flag berarti bendera merah.


Tanda Red Flag dalam Hubungan yang Harus Diwaspadai



1. Terlalu banyak berkorban


Saat berada dalam suatu hubungan dan kamu adalah yang selalu berkorban, kamu patut mempertanyakan. Apakah perasaannya sama dengan perasaanmu?

Apakah dia memvalue kamu seperti kamu memvalue dirinya? Karena jika perasaanmu dan dia seimbang maka tidak ada yang harus berkorban lebih banyak.


2. Ragu-ragu dalam menyampaikan pendapat


Seharusnya suatu hubungan membuatmu berkembang dan memberikan keamanan. Saat aman maka kamu akan lebih percaya diri untuk menyampaikan perasaanmu.

Saat kamu ragu-ragu, berarti ada hal yang kamu takutkan apalagi dengan reaksi pasanganmu. Situasi ini mengkhawatirkan karena berarti kamu merasa tidak aman dan masih menjaga batasan.


3. Merasa harus meminta maaf bahkan ketika tidak salah


Umumnya orang meminta maaf saat merasa salah, tapi kalau kamu terus meminta maaf padahal tidak melakukan kesalahan kamu perlu bertanya-tanya. Mengapa demikian? Apa yang membuatmu merasa perlu selalu meminta maaf?

Bisa jadi kamu memiliki kecenderungan untuk membuat keadaan sesuai keinginan pasanganmu dan ada pemikiran “jangan sampai dia marah, karena kalau marah akan…”

Itu berarti hubunganmu sudah mengarah ke toxic. Apalagi ketika dia yang salah tapi kamu jadi merasa harus kamu yang meminta maaf.


4. Berubah sepenuhnya seperti keinginannya


Membina hubungan seharusnya menjadi tempat aman untuk menjadi diri sendiri. Hubungan bukanlah ajang untuk menunjukan hanya yang baik-baik saja dan sempurna di depan pasangan.

Kalau kamu berubah hanya untuk membuat dia senang dan sesuai keinginannya, maka kamu menunjukan sisi palsu. 

Jika pasangan bersikeras untuk membuat perubahan dalam penampilan atau kepribadianmu, saatnya untuk memikirkan ulang tentang hubungan ini.


5. Selalu dia yang membuat keputusan


Hubungan adalah tentang saling percaya dan melibatkan satu sama lain, bukan mengendalikan. Ketika kamu bahkan tidak dilibatkan dalam pembuatan keputusan yang berdampak bersama maka itu adalah red flag.

Ketika pasangan terus-menerus mencoba mengendalikan pilihan dan tindakanmu, itu bisa menjadi tanda ketidakpercayaan. 

Coba cek deh Be-emers, hubunganmu red flag enggak tuh?

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.