4 Manfaat Pemahaman Navigasi Bagi Kurir

Kurir pasti berkejaran dengan waktu (Foto: Canva)

Kurir pasti berkejaran dengan waktu (Foto: Canva)

Like

Pekerjaan kurir kerap dianggap remeh dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja, tapi tahukah Be-emers bahwa kurir harus memiliki kemampuan memahami navigasi rute perjalanan.

Jobdesk kurir bukan hanya mengantarkan paket dari satu alamat ke alamat lainnya, tetapi mampu mengantarkan paket dalam waktu cepat dan tepat meskipun jumlahnya banyak.


Manfaat Pemahaman Navigasi Bagi Kurir


Seorang kurir yang mampu memahami navigasi memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah sebagai berikut :


1. Maintenance Kendaraan


Sudah menjadi rahasia umum, apabila gaji kurir habis lebih banyak pada kendaraan, baik bahan bakar maupun perawatan bulanan, seperti service, ganti oli dan sebagainya.

Dengan memahami navigasi, seorang kurir tahu apabila ingin mencapai lokasi A, jika melewati jalan X akan memerlukan waktu memutar sedangkan melewati jalan Y yang merupakan jalur tikus sehingga bisa menghemat waktu dan bahan bakar.


Selain itu, menghindari jalur tanjakan juga berpengaruh pada kesehatan kendaraan, sehingga biaya maintenance yang tinggi bisa dihindari.


2. Paket Tiba Lebih Cepat


Kedatangan kurir ibarat kabar gembira bagi penerima paket, karena barang yang dinanti akhirnya datang juga dan apabila paket tiba dengan cepat tentu saja pelanggan menjadi puas dengan kurir.

Apabila kurir tersebut adalah kurir marketplace maka dengan mudah mendapatkan bintang lima sebagai kepuasan pelanggan.


3. Target Pengantaran Terpenuhi


Perusahaan ekspedisi yang memiliki kurir dengan kemampuan membaca navigasi akan membantu income perusahaan menjadi lebih, karena target pengantaran bisa segera terpenuhi dengan baik serta kepuasaan pelanggan akan mempengaruhi tingkat kepercayaan pada perusahaan tersebut.


4. Jam Kerja Lebih Singkat


Ini merupakan salah satu keuntungan bagi kurir sendiri, apabila bisa membaca navigasi dengan baik dan bisa mengatur rute pengantaran maka paket tiba lebih cepat serta target pengantaran selesai.

Ini akan membuat jam kerja kurir lebih cepat karena selesainya pekerjaan lebih dulu sehingga hal ini dapat dimanfaatkan kurir untuk melakukan aktivitas lain.

Seperti mencari sampingan pekerjaan atau bahkan sekedar quality time bersama keluarga atau teman-teman.

Dengan kemampuan memahami navigasi, banyak manfaat yang bisa diambil dan biaya yang bisa ditekan sampai waktu yang lebih luang oleh kurir yang bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Semoga kemampuan ini dimiliki semua kurir di Indonesia, agar tidak boncos akomodasi dan waktu yah, Be-mers. Semangat !

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.