Biaya "Tak Terlihat" Bagi Profesi Kurir

Kurir (sumber gambar: freepik)

Kurir (sumber gambar: freepik)

Like

Kurir adalah salah satu pekerjaan yang sedang booming akhir-akhir ini. Betapa tidak, bersamaan dengan merebaknya online shop, tentu dibutuhkan pengiriman barang menuju pembeli.

Hal ini dibarengi dengan event-event di tanggal tertentu oleh market place, dengan iming-iming diskon atau bonus, sehingga kurir bisa diangggap sebagai salah satu ujung tombak dari kemudahan berbelanja online. 

Sebagai kurir, tentu kita harus bisa menghitung pengeluaran yang harus kita siapkan saat bekerja. Hal ini dimaksudkan agar kita tidak sampai merugi dibandingkan dengan pendapatan yang kita peroleh.

Namun, ada beberapa hal yang acap kali luput diperhitungkan oleh kurir, sehingga bisa dikatakan biaya atau pengeluaran tak terlihat. Apa saja?


Biaya Tidak Terlihat untuk Para Kurir


Berikut adalah diantaranya.


1. Biaya Perawatan Kendaraan



Biasanya sebagai kurir, kita hanya memperhitungkan biaya bahan bakar atau oli. Kita sering melupakan bahwa kendaraan yang dipakai mengalami penyusutan.

Gear, rantai/belt dan lain-lain juga perlu diganti setelah beberapa lama, tak hanya oli saja. Respect untuk kurir yang juga memperhatikan hal ini


2. Biaya parkir dan pajak kendaraan


Untuk parkir, memang banyak tempat yang menggratiskan atau memotong biaya parkir khusus untuk kurir, namun tak semua. Dipotong atau tidak biaya parkir yang bisa diangggap kecil juga pengeluaran bukan?

Begitu juga dengan pajak kendaraan. Harusnya kita bisa menyiapkan biaya pajak kendaraan, sehingga saat pembayaran jatuh tempo kita tidak terlalu merasa berat saat membayar. 


3. Atribut


Helm, jaket, obrok (tas barang) dan juga mantel juga bisa rusak setelah beberapa lama. Sebagai orang yang pekerjaannya di jalan, seharusnya benda-benda ini diganti dalam jangka waktu tertentu agar performa di jalan tetap maksimal. 


4. Biaya Tak Terduga


Ban bocor, rantai putus, motor mogok tenggelam saat hujan dan lain-lain. Ini merupakan contoh-contoh biaya tak terduga. Apakah hal ini sudah diperhitungkan?


5. Jajan dan Kopi


Hayo ngaku siapa yang sering tidak bisa menahan diri saat bekerja? Minuman menyegarkan saat cuaca panas memang menggoda bagi kita yang selalu berada di jalan.

Bakso atau mie ayam juga menggoda saat kita berteduh dikala hujan. Sebenarnya ini bukan biaya tak terlihat, namun bagi yang tidak disiplin, ini bisa jadi pengeluaran yang paling banyak saat bekerja di jalanan. 

Bagaimana Be-emers, ada hal lain yang bisa ditambahkan?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.