Kenali Micro Cheating yang Jadi Duri dalam Hubungan

Micro cheating (Ilustrasi: Canva)

Micro cheating (Ilustrasi: Canva)

Like

Dalam suatu hubungan, orang ketiga atau perselingkuhan sering jadi penyebab kehancuran. Tapi ternyata ada selingkuh yang tidak terlihat atau micro cheating lho.

Bagi sebagian orang, ketika mendengar kata selingkuh pasti langsung terbersit soal hubungan terlarang atau menjalin hubungan dengan orang lain saat masih terikat hubungan dengan pasangan resmi.

Banyak orang yang mendefinisikan selingkuh dengan keterlibatan fisik atau aktivitas seksual. Namun, di balik tindakan besar ini ternyata ada tindakan-tindakan kecil yang disebut micro cheating.

Micro cheating seringkali dimulai dengan tindakan kecil dan halus untuk semakin mendekatkan diri dengan seseorang, baik secara fisik atau, lebih umum, secara emosional.

Micro cheating ini bahaya sekali lho Be-emers karena sering dianggap sepele dan hal yang wajar dilakukan. Akhirnya berujung pada perselingkuhan yang lebih besar lagi. 


Apa Itu Micro Cheating



Sesuai artinya, micro, yang berarti kecil, micro cheating dilakukan dalam lingkup yang kecil atau sempit. Mudahnya, micro cheating adalah tindakan yang mengarah melewati batas antara pertemanan namun masih abu-abu.

Dalam sebagian besar kasus, micro cheating terjadi tanpa disengaja sehingga seseorang mungkin bahkan tidak menyadari bahwa tindakannya berdampak pada pasangannya.


Contoh Micro Cheating


Mungkin Be-emers masih bingung dan berpikir kalau tidak disengaja dan tidak disadari berarti bukan selingkuh dong namanya.

Eits, tunggu dulu. Semua yang berdampak ke pasangan baik secara fisik maupun emosional bisa dipertimbangkan untuk masuk ke kategori ini lho Be-emers. 

Hal yang termasuk dalam micro cheating sebenarnya bervariasi dalam setiap hubungan, hanya saja ada beberapa contoh umum yang bisa dikategorikan micro cheating.

Misalnya ketika bersikap flirty ke lawan jenis dengan tujuan mencari perhatiannya, apalagi jika menganggap orang itu menarik baik di media sosial atau secara langsung.

Menyukai lawan jenis selain pasangan namun sering stalking media sosialnya, meski tidak berinteraksi dengannya. Bahkan menutup-nutupi fakta memiliki pasangan juga contoh micro cheating lho.


Cara Menghindari Micro Cheating


1. Perkuat Hubungan


Hubungan yang kuat adalah kunci sehat dan langgeng. Jadikan pelajaran bahwa setiap hubungan pasti naik turun dan setelah ini harus lebih memaknai satu sama lain lebih dalam lagi.


2. Bersyukur


Micro cheating bisa jadi didasari dari rasa bosan. Rasa bosan bisa jadi karena kurangnya rasa syukur memiliki pasangan saat ini. Saat bersyukur dengan pasangan yang ada maka kita akan bisa melihat setiap kebaikan yang dimilikinya.


3. Komunikasi


Semua orang pasti setuju komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam suatu hubungan. Komunikasikan apa yang kamu tidak suka terhadap pasangan sehingga kamu tidak mencari penghiburan di tempat lain.

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.