Tips Liburan Natal-Tahun Baru Anti Macet Anti Boncos

Liburan akhir tahun yuk (Foto: Asad-photo-maldives-pexels)

Liburan akhir tahun yuk (Foto: Asad-photo-maldives-pexels)

Like

Memasuki bulan Desember,  Anda yang bekerja atau kuliah pasti sudah menghitung hari kapan libur tiba. Bagi yang bekerja, ada liburan bersama yang cukup panjang. Begitu juga bagi yang kuliah biasanya libur natal dan tahun baru cukup panjang.

Menikmati libur panjang atau travelling jadi pilihan utama dari netizen. Sayangnya, jika libur panjang seperti Natal – Tahun Baru,  biasanya harga transportasi, akomodasi dan tempat wisata akan naik. 

Haduh! Saat liburan inginnya healing sejenak, tapi nanti jika biayanya tinggi, pasti jadi pening. Pilihan bagi yang punya kendaraan sendiri adalah naik mobil pribadi.

Sebelum memutuskan, perlu diperhitungkan  jika naik mobil pribadi tapi penumpang hanya dua orang, hitung harga bensin, tol, dan fisik yang lelah karena macet dimana-mana. Akhirnya biaya cukup tinggi, jatuhnya sama dengan transportasi udara atau kereta.

Adalah Dahlia (bukan nama sebenarnya), ingin berlibur di dekat kampung halamannya di Jogjakarta. Dia sudah booking kereta api satu bulan sebelum keberangkatan tanggal 22 Desember.  


Naik kereta api jadi pilihan utama karena pertama dia tak mau terjebak macet dengan naik kendaraan pribadi, kedua dia sudah membuat survey tempat-tempat yang akan dikunjungi .

Untuk akomodasi pun Dahlia hanya memilih tempat seperti hostel, murah dan dekat dengan beberapa tempat wisata yang akan dikunjungi. Survei yang cukup lama dilakukan oleh Dahlia. Dia tak mau pengalaman pahit tahun lalu terulang kembali. 

Tahun lalu, dia pergi ke suatu tempat yang dianggap “viral” di Instagram,  begitu memasuki area tempat wisata, antrian kendaraan memanjang sehingga tak mungkin bisa sampai ke tempat tujuan.  Dari pada menunggu macet dan kelelahan, dia memutuskan untuk memutar balik.

Jadi pengalaman buruk itu mengajarkan dirinya untuk tidak selalu mempercayai apa yang jadi testimoni dari beberapa media sosial. Boleh saja mencoba tempat yang lagi hits, tapi jangan pernah datang ke tempat viral saat liburan.


Tips Liburan Natal - Akhir Tahun Lancar


Untuk memastikan kenyamanan dan kegembiraan dari liburan, yuk ikuti  tips berikut ini:


1. Rencanakan lebih awal


Suasana libur Natal dan Tahun baru meningkatkan antusiasme warga untuk berwisata. Jadi liburan ini harus direcanakan dari awal tahun. Misalnya tentukan kemana akan pergi sesuai dengan budget. Budget diatur dengan seksama, jika budget liburan 10 juta, maka harus menabung 1 juta tiap bulan.

Bagi yang akan berangkat liburan dengan transportasi udara, percepat booking. Makin awal makin baik karena harga “high season” pasti lebih mahal mendekati hari H. Akomodasi juga dipastikan harus dibook lebih awal.

Bagi mereka yang berangkat dengan kereta, pastikan juga untuk segera booking begitu dibuka pembelian tiketnya. Pasti akan kesulitan mendapatkan tiket ketika beli mendadak.

Survei tentang harga tiket kereta api dengan tiket pesawat, lebih murah yang mana. Biasanya lebih murah kereta api. Tetapi jika Anda membawa anak balita, perlu diingatkan ternyata tiket kereta jarak jauh, cepat habis dalam waktu singkat. 


2. Cek silang tempat wisata


Saat Anda sudah memiliki tiket transportasi dan akomodasi, untuk mencari tempat wisata, carilah tempat wisata dari sumber-sumber yang terpecaya. 

Ada yang mengambil sumber dari media sosial TikTok. Di TikTok ada ulasan lengkap mulai dari budget hingga opsi transportasi yang bisa dipilih. Juga ada review dari orang lain di kolom komentarnya.

Riset kecil itu dimulai dengan kata kunci yaitu berlibur dan berwisata. Algoritma Tiktok akan memperbarui linimasa FYI (for your page).

Meskipun sudah mendapatkan referensi dari TikTok, tak ada salahnya untuk memvalidasi atau cek ulang destinasi yang dipilih itu dari Google. Terus cari sampai Anda merasa yakin pilihan tempat itu benar-benar sesuai dengan keinginan.

Sumber referensi lain yang patut dipertimbangkan adalah YouTube. Biasanya para influencer datang ke tempat itu dan memperkenalkannya

Sayangnya, tak semua informasi yang didapatkan belum pasti menyenangkan saat dilakoni.  Ada yang terjebak macet ketika  kunjungi tempat wisata baru yang baru saja dibuka. Carilah informasi dari orang lain yang pernah ke sana dan mencari konten sekitar tempat itu.


3. Wisata open trip


Jika Anda ingin menghemat anggaran liburan, tentu pikirkan untuk selalu bisa sharing baik itu transportasi atau penginapan. Adanya paket open trip memudahkan orang untuk melancong bersama-sama dengan sharing. 

Misalnya paket ke Bromo open trip Rp1.500.000 per orang dengan fasilitas lengkap seperti jeep, sarapan dan oleh-oleh.  Berhubung kita mengikut open trip dan bersama dengan yang lainnya, maka transportasi jeep yang berkapasitas 5 orang itu tidak diisi sendiri tetapi bersama orang lain.

Jadi mau liburan ke  mana nih?

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.