Google Doodle Rayakan Kapal Pinisi Hari ini, Intip Sejarahnya!

Google Doodle Kapal Pinisi hari ini (Foto: Google)

Google Doodle Kapal Pinisi hari ini (Foto: Google)

Like

Sudahkah kamu membuka atau masuk ke halaman awal Google hari ini, Be-emers? Jika sudah, kamu pasti juga melihat doodle kapal yang menjadi pembuka.

Ternyata kapal ini bukan sembarang kapal. Jika kamu mendekatkan kursor ke doodle tersebut tanpa klik, kamu akan melihat tulisan “celebrating pinisi”.

Ini artinya hari ini Google merayakan pinisi! Tapi, kenapa ya Google merayakan pinisi? Memangnya apa sih pinisi itu sampai dirayakan oleh Google?

Be-emers penasaran? Atau jangan-jangan sudah tahu jawabannya? Boleh komen di bawah yaa.


Sejarah Kapal Pinisi yang Jadi Google Doodle Hari Ini


Pinisi yang dirayakan Google adalah sebuah nama kapal yang telah ada sejak tahun 1500-an dan digunakan oleh para pelaut tanah air. Pinisi adalah kapal besar yang terbuat dari kayu dengan arsitektur unik.


Kapal Pinisi ini merupakan kapal legendaris yang berasal dari Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Menurut sejarah, kapal Pinisi lahir dari sebuah legenda yang berasal dari tradisi leluhur di pulau-pulau Sulawesi bagian Selatan.

Jadi Google doodle hari ini terasa dekat dengan masyarakat Indonesia karena merepresentasikan budaya asli Indonesia. 

Konstruksi dan arsitektur kapal pinisi terinspirasi dari kapal-kapal kapal-kapal modern Eropa dan Amerika dari awal abad ke-19.

Tidak hanya itu, ada juga kombinasi unik dari konstruksi lama yang biasanya ditemukan dalam budaya Bugis-Makassar.

Kapal Pinisi asli memiliki dua tiang dengan tujuh hingga delapan layar. Berbeda dengan kapal barat yang memiliki 3 tiang, Pinisi hanya memiliki 2 tiang. Tiang depan sedikit lebih tinggi dari tiang buritan, dan layarnya berbaris di tengah.


Evolusi Kapal Pinisi


Kapal pinisi untuk waktu yang lama diperuntukan bagi perdagangan komersial. Namun, kini kapal pinisi telah menjadi tradisi maritim yang canggih. 

Selama bertahun-tahun kapal pinisi telah mengalami banyak perubahan yang disesuaikan dengan zaman. Mulai tahun 1970, kapal pinisi juga digunakan sebagai transportasi massal dan kargo.

Mulai ada jenis lambung berbeda bernama lambo yang dapat memuat lebih banyak ruangan di dalamnya untuk kabin. Setelahnya ada penemuan motor untuk kapal.

Di tahun 1990 kapal pinisi mulai digunakan untuk tujuan wisata dan rekreasi. Awalnya hanya untuk orang-orang kelas atas. Namun, akhirnya digunakan untuk umum juga.

Saat ini, Prana Pinisi adalah kapal pesiar pinisi terbesar dan termewah di dunia, yang berlayar di lautan Indonesia.

Kapal ini dilengkapi dengan layar tradisional Indonesia yang menggunakan bahan-bahan seperti kayu ulin dan jati.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.