Bikin Kopi Ala Coffee Shop Tanpa Ribet di Rumah!

Menikmati Kopi di Rumah (Foto oleh Anete Lusina di Unsplash)

Menikmati Kopi di Rumah (Foto oleh Anete Lusina di Unsplash)

Like

Pernah enggak sih kamu ngimpi bisa bikin kopi enak ala kafe di rumah sendiri, tapi enggak pake ribet? Nah, Be-emers udah pada tau belum nih, sebenernya kita juga bisa bikin kopi yang enak tanpa mesin kopi yang canggih.

Enggak harus jadi barista berlisensi buat bisa nikmatin kopi yang kaya rasa dan aromanya. Nah, kita bakal ngebahas triknya nih! cuma pakai French Press aja, lho!

Sebelum lanjut ke cara bikinnya, aku mau kamu kenalan dulu nih sama French Press Jadi, French Press itu alat sederhana, tapi mungkin kamu udah punya di dapur.

Kalau kita intip sejarahnya, French Press sudah dikenal sejak zaman dulu. Pertama kali dipatenkan pada tahun 1852 oleh Mayer dan Delforge dari Perancis. Desainnya masih sederhana banget dibandingkan French Press yang kita kenal sekarang.

Tapi kemudian, French Press yang mirip seperti sekarang ini dipatenkan pertama kali oleh Attilio Calimani dan Giulio Moneta, warga Italia, pada tahun 1929. Desain populer selanjutnya baru muncul pada tahun 1958 oleh Faliero Bondanini dari Swiss, dan desain inilah yang bikin French Press jadi ikon di Perancis.


Gimana sih rasa kopi yang dihasilkan pakai French Press?



Nah, sebenernya gimana sih rasa kopi yang dihasilkan pakai French Press? Kalo kamu udah tau caranya, kopi yang diseduh dengan alat yang satu ini bakal ngasih 'ciri' yang bikin kamu merasa kopi pagi lebih spesial.

Tanpa filter kertas yang biasa dipakai, French Press memberikan rasa yang lebih kaya, lembut, dan sedikit oily. Tapi tunggu, itu belum semua! French Press juga bisa bikin aroma kopi jadi lebih kuat dan menyenangkan.

Variabel dalam proses seduhan kopi French Press memungkinkan kamu untuk menciptakan selera kopi sesuai dengan preferensi personal. Kamu bisa mengatur suhu air, tingkat kehalusan gilingan kopi, dan durasi perendaman bubuk kopi sesuai selera kamu.

Hasilnya? Aroma kopi yang khas dengan rasa yang lebih menantang untuk lidah para pecinta kopi.
 

Cara Kerja French Press


Cara pakai alat ini gampang banget, cuman tinggal merendam bubuk kopi dan menyaringnya dengan kawat logam supaya ampasnya terpisah. Lalu, hasil ekstraksi kopi dari French Press tinggal tuang ke cangkir. 

Alat kopi yang satu ini terkenal sebagai alat manual brew yang punya karakter kopi kental dan tekstur yang unik. Beberapa orang suka sama sajian kopi French Press karena hasil ekstraksi kopi yang cenderung berpasir, terutama kalau pakai gilingan kopi yang agak halus.
 

Cara Menggunakan French Press dengan Baik dan Benar


Oke, sekarang kita bakal bahas cara menggunakan French Press biar kopi yang dihasilkan sesuai dengan harapan. Simak baik-baik, ya!


1. Gunakan Air yang Bagus

Kopi itu 98 persen H2O, jadi pastikan air yang kamu gunakan berasal dari sumber yang baik. Pastikan wadah tempat air juga bersih, supaya ngga ada rasa atau aroma dari minuman sebelumnya yang nempel di situ. Coba dulu air yang bakal kamu pake buat ngopi, biar sesuai sama selera kamu.


2. Pilih Biji Kopi yang Segar dan Baru

Kopi yang udah lama ngga akan bisa ngasih kenikmatan sama kayak biji kopi yang baru disangrai. Biji kopi yang segar dan baru itu bau aromanya lebih kuat dan keliatan agak berminyak. Itulah tanda kopi yang berkualitas.


3. Giling Biji Kopi Sebelum Seduh

Buat hasil terbaik, gunakan biji kopi yang baru digiling, bukan kopi bubuk yang udah digiling berhari-hari. Giling biji kopi sesaat sebelum diseduh biar dapet rasa dan aroma terbaik. Jangan terlalu halus gilingannya, ya! Pilih gilingan medium, itu pilihan yang tepat.


4. Jangan Terpaku dengan Standar Ukuran French Press

Kopi itu soal selera personal! Jadi, jangan cuma ikutin takaran standar. Cobain deh ukur sendiri takaran kopi dan air yang sesuai sama selera kamu. Kalo buat pemula, biasanya 18 – 20 gram kopi untuk 8 ons air udah pas.

Tapi kalau mau rasa yang lebih kuat, bisa tambah kopinya atau kurangin airnya. Eksperimen sendiri, jangan dengerin buku panduan aja!


5. Pentingnya Air dengan Suhu yang Tepat


Air yang terlalu panas bisa bikin kopi jadi pahit, Sedangkan air yang ngga cukup panas ngga bakal bisa ekstrak rasa kopi yang diinginkan.

Biasanya, suhu ideal buat French Press itu sekitar 94 derajat Celsius. Tapi kalo ngga ada termometer, panasin aja air sampe mendidih, terus biarkan 30-60 detik sebelum digunakan. Suhu yang pas bakal kamu dapetin.


6. Seduh Kopi dengan Nikmat


Isi dasar French Press dengan bubuk kopi, tuang sepertiga air di atasnya. Biarkan kopi dan air 'berkumpul' selama 30 detik, terus aduk pelan. Pastikan semuanya 'dimasak' secara sempurna biar nikmatnya dapet banget. Terus, tuang sisa air dan biarkan proses brewing dimulai.


7. Waktu yang Pas Itu Penting


Jangan terlalu cepat, jangan juga terlalu lama. Proses brewing yang terlalu singkat bakal bikin kopi jadi asam dan tipis. Kalau terlalu lama, jadinya pahit. Untuk hasil terbaik, biarkan kopi kamu di dalam French Press selama 4 menit sebelum kamu nikmati.


8. Hati-Hati saat Menekan


Setelah proses brewing selesai, tekan plunger dengan tegas, pelan, dan hati-hati. Kalau terlalu keras, bisa-bisa kopi semprot kesana-kemari dan semua jadi berantakan. Jadi, hati-hati banget di proses ini, ya!


9. Nikmati Kopimu


Setelah semuanya selesai, tuangkan kopi ke dalam cangkir, kemudian nikmati kopimu. Tapi, inget ya, kalau ngga mau minum semuanya sekaligus, jangan biarkan sisa kopi di dalam French Press. Tuang aja ke wadah lain, soalnya kopi yang terlalu lama didiamkan di French Press bisa jadi pahit.


Tips dan Trik untuk Pecinta Kopi di Rumah


Sebelum kita tutup, ada beberapa tips dan trik nih buat kamu para pecinta kopi di rumah!


1. Pilih Biji Kopi yang Sesuai Selera

Bukan cuma metodenya, tapi biji kopinya juga penting! Cobain berbagai jenis biji kopi dari berbagai daerah, dan pilih yang sesuai sama selera kamu. Eksplorasi aja!


2. Eksperimen dengan Rasio Kopi dan Air

Udah tau takaran standar, tapi ngga ada salahnya eksperimen sendiri dengan rasio kopi dan air. Mungkin kamu lebih suka kopi yang lebih pekat atau lebih ringan. Biarkan lidahmu jadi ahli kopi yang memahami selera sendiri.


3. Jaga Kebersihan French Press

Supaya French Press selalu menghasilkan kopi yang enak, jangan lupa rajin membersihkannya. Ampas kopi yang tertinggal bisa bikin kopi berikutnya jadi kurang sedap. Jadi, setelah menikmati kopi, bersihkan dengan baik ya!


4. Buat Inovasi Kopi Sendiri

Jangan ragu buat bereksperimen dengan kopi! Coba tambahkan sedikit kayu manis, vanilla, atau cokelat bubuk ke dalam French Press saat sedang menyeduh. Siapa tahu menemukan kreasi kopi favoritmu sendiri!


5. Pentingnya Kualitas Biji Kopi dan Penggiling Kopi

Oh iya, jangan lupa untuk selalu menggunakan biji kopi yang berkualitas dan penggiling kopi yang baik. Ini akan sangat mempengaruhi hasil akhirnya. Biji kopi yang segar dan gilingan yang pas akan membuat kopi lebih nikmat.


6. Menghadirkan Vibe Coffee Shop di Rumah

Biar makin asyik, buatlah suasana seperti di coffee shop di rumahmu. Nyalakan musik favorit, buat tempat duduk yang cozy, dan nikmati secangkir kopi ala French Press sambil bersantai. Weekend yang sempurna!

Dengan French Press, ngga perlu jadi barista professional buat bisa menikmati kopi yang enak di rumah. Semua bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana.

Jadi, siapakah yang akan mencoba membuat kopi ala coffee shop di rumah hari ini? Yuk, share pengalaman dan cerita kalian! Selamat menikmati kopi buatanmu, Be-emers!

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.