Resiliensi, Kunci Sukses Menjalani Kehidupan

Ilustrasi: alex-shute-unsplash

Ilustrasi: alex-shute-unsplash

Like

Seseorang yang memiliki resiliensi adalah mereka yang memiliki kemampuan skill yang kuat dan mampu menggunakan apa yang dimilikinya, minta bantuan jika membutuhkan, dan memiliki cara untuk mencari solusi ketika menghadapi keadaan yang paling sulit sekali pun.

Contoh dari kondisi yang sulit dalam hidup ini adalah:
  • Kehilangan orang yang dicintai karena kematian
  • Perceraian
  • Masalah keuangan
  • Kehilangan pekerjaan
  • Emergensi dalam Kesehatan
  • Bencana alam
Dalam kondisi yang tersulit sekali pun, orang yang punya resiliensi akan tegar dan tidak putus asa.  Dia menghadapi kesulitannya dengan kepala dingin.  Tentu tekanan atau kesulitan itu datangnya bukan hanya dari internal saja, tapi dari external (pekerjaan, hubungan relasi dengan teman ) .


Arti Resiliensi


Kemampuan dan keberhasilan seseorang mengatasi tekanan baik dari dalam maupun luar dirinya. Awalnya bernama ego-resiliency (ER).  Artinya kemampuan untuk menyesuaikan diri yang tinggi dan luwes untuk hadapi tekanan internal maupun eksternal.

Baca Juga: Softskill atau Hardskill? Ketahui Pengertian, Contoh, dan Cara Meningkatkan dari Keduanya

Apabila diajarkan sejak kecil disebut dengan invulnerability atau stress-resistance. Keduanya memiliki dianggap sebagai  faktor proteksif melawan kesulitan, walaupun ada perbedaan dalam beberapa hal.

Ciri-ciri dari resiliensi yang tangguh

  1. Orang yang  tangguh dalam kesulitan besar sekali pun mampu menghadapi dengan sikap yang dinamis.
  2. ER atau disebut dengan ego resiliency bergabung dengan ego control menghasilkan pribadi tangguh.


Fakor-Faktor yang Membentuk Resiliensi



1. Faktor Risiko


Faktor ini adalah hal-hal yang dapat membuat dampak buruk sehingga individu berisiko mengalami ganggung perkembangan psikologis.


2. Faktor Pelindung


Faktor yang sifatnya menunda, meminimalkan , menetralisir yang negative.

Ada 2 faktor pelindung yaitu:

a. Faktor individual: faktor bersumber dari individu karena memiliki sifat yang sociable, self confident, self-efficacy, harga diri yang tinggi.

b. Faktor keluarga: kedekatan dengan orangtua yang peduli untuk memperhatikan anak dengan pola asuh yang sangat hangat dan perkembangan jiwa dari anaknya.

Baca Juga: Soft Skill Apa Aja Sih yang Kamu Butuhkan Biar Sukses? Cek di Sini


Aspek-Aspek yang Membentuk Resiliensi


Tiap individu pasti berbeda dengan aspek dibawah ini. Tapi aspek ini sangat membantu bagi individu untuk punya resiliensi, yaitu:
  • Insight: proses perkembangan individu yang mengetahui dengan tepat tentang masa lalu dan mempelajari perilaku dengan lebih tepat.
  • Independence: kemampuan untuk memisahkan antara emosionak, fisik dan sumber masalah.
  • Relationship: individu yang punya kemampuan mengembangkan hubungan jujur, berkualitas dan menjadi role model yang baik.
  • Initiatie: keinginan yang kuat untuk bertanggung jawab atas hidupnya.
  • Creativity: kemampuan memikirkan pilihan, konsekuensi dan alternatif hadapi tantangan hidup.
  • Humor: individu yang memiliki rasa humor untuk memperoleh kebahagian dalam situasi yang rumit sekali pun.
  • Morality: kemampuan individu untuk berperilatu sesuai dengan dasar hati nurani.  Memberikan kontribusi dan membantu orang yang membutuhkan.

Pasti kamu pengin mengukur dirimu punya resiliensi atau tidak. Ada beberapa ciri-ciri dari orang yang memiliki resiliensi yang bisa kamu perhatikan pada dirimu. 

Orang yang easy going, bersosialisasi dan berpikir dengan positif dan memiliki keterampilian sosial dan orang sekitar yang mendukung, memiliki lebih dari satu bakat, percaya diri dan mampu mengambil keputusan, spiritual dan religius adalah ciri-cirinya.

Belajarlah menjadi orang yang memiliki resiliensi sehingga mampu untuk menghadapi kesulitan sebesar apa pun.

Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.