Senior Engineer Microsoft dan Amazon, Severan Rault Jadi CTO Gojek

Gojek Illustration - Canva

Gojek Illustration - Canva

Like

Mantan petinggi Amazon sekaligus senior engineer Microsoft, Severan Rault, resmi ditunjuk sebagai Chief Technology Officer (CTO) grup Gojek nih, Be-emers.

Sebagai CTO baru di PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, Rault bakal bertanggung jawab buat keseluruhan teknologi di ekosistem Gojek. Berbasis di kantor Gojek Singapura, mantan CTO Infospace itu juga mengelola tim engineering Gojek di kawasan Asia Tenggara dan India.

“Saat ini merupakan waktu yang menarik bagi Gojek karena perusahaan tengah memasuki fase penting peralihan dari startup ke perusahaan yang lebih matang," ujar Rault, dikutip dari Bisnis.com.

Adapun, Rault diketahui sudah bergabung dengan Gojek sejak April 2020 lalu. Saat itu, ia menjabat sebagai Head of Engineering Gojek di Singapura.

 

Gojek CTO Severan Rault - Image: HO Gojek via Bisnis.com

Gojek CTO Severan Rault - Image: HO Gojek via Bisnis.com




 

20 Tahun Berkarir di Industri Teknologi Dunia

Mengawali karir di perusahaan teknologi Denmark, RTX Telecom A/S, Rault kini dikenal sebagai salah satu senior engineer di dunia. Pria yang juga lulus dari magister ESCP Business School ini telah melakukan sejumlah inovasi di bidang teknologi.

Saat menjabat sebagai Direktur Software Development Amazon, Rault diketahui memimpin proyek layanan Amazon Prime Air. Layanan tersebut merupakan jasa antar yang dilakukan Amazon dengan mengandalkan drone. Gokil!

Selain dikenal sebagai salah satu petinggi Amazon, pria yang hobi otomotif ini juga sudah lebih dari 4 tahun bergabung dengan perusahaan teknologi dunia, Microsoft. Sebagai Principal Development Manager Microsoft dari tahun 2008-2010, ia lantas mengembangkan aplikasi Microsoft One App.

Adapun, aplikasi OneApp merupakan software  yang memungkinkan ponsel buat mengakses aplikasi seluler (alias widget) seperti Facebook, Twitter, Windows Live Messenger, dan aplikasi serta permainan populer lainnya.

Enggak cuma itu, di tahun 2010 hingga awal 2013, ia kemudian menjabat sebagai Principal Architect Bing, sebuah mesin penelusuran milik Microsoft. Atas prestasinya dalam mengembangkan Bing, Rault lantas menerima penghargaan Microsoft Gold Star 2010 untuk kontribusi IC yang luar biasa.

Mencintai perkembangan teknologi, Severan Rault juga mendirikan perusahaan Kikker Interactive, yang kemudian diakuisisi oleh Microsoft. Pria yang berulang tahun tanggal 26 November ini pun diketahui mendirikan perusahaan virtual reality Betawave.io serta pernah bekerja sebagai manager di SAP dan French Business Center.