World Happiness Report Rilis Daftar Negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2024, Indonesia Urutan ke Berapa?

Ilustrasi bahagia (Sumber gambar: Canva)

Ilustrasi bahagia (Sumber gambar: Canva)

Like

World Happiness Report merilis daftar negara paling bahagia di dunia periode tahun 2024 berdasarkan hasil survei global masyarakat lebih dari 140 negara pada Rabu, 20 Maret 2024. Peringkat pertama diduduki oleh negara Finlandia yang konsisten selama 7 tahun berturut-turut menjadi negara paling bahagia di dunia. 

Finlandia merupakan negara di kawasan Eropa yang memiliki nilai pajak tinggi yang mencapai 56 persen. Namun, tingginya pajak seimbang dengan fasilitas yang diterima oleh warganya.

Baca Juga: Negara Ini Pajaknya Besar tapi Penduduknya Disebut Paling Bahagia Sedunia! Kok Bisa?

Bahkan, tingkat kriminalitas di Finlandia sangat minim. Sehingga, negara yang dikenal dengan pemandangan alam yang indah ini pantas mendapatkan peringkat pertama sebagai negara paling bahagia di dunia selama 7 tahun berturut-turut. 
 

Peta Negara Finlandia/Canva

Peta Negara Finlandia/Canva


World Happiness Report adalah laporan tahunan yang bekerja sama dengan sejumlah lembaga riset seperti Oxford Wellbeing Research Center, Gallup, serta UN Sustainable Development Solutions Network. Hasil riset didapat berdasarkan evaluasi rata-rata kehidupan dari responden selama tiga tahun sebelumnya, yakni pada 2021 sampai 2023. 


Selain itu, variabel-variabel penting lainnya yang dianalisa dalam riset untuk mendapatkan daftar negara paling bahagia yakni dengan analisa dari data PDB per kapita, harapan hidup sehat, kebebasan, kemurahan hati, dukungan sosial, serta persepsi masyarakat terhadap tindakan korupsi.