Negara Ini Pajaknya Besar tapi Penduduknya Disebut Paling Bahagia Sedunia! Kok Bisa?

Bendera Finlandia. (Sumber gambar: Canva)

Bendera Finlandia. (Sumber gambar: Canva)

Like

Mendapat predikat negara paling bahagia sejak tahun 2018 hingga 2023 berdasarkan laporan World Happiness Report, membuat Finlandia menempati rangking pertama pada indeks kebahagiaan selama enam tahun berturut-turut. 

Masyarakat Finlandia bahagia menjalani kehidupan mereka meskipun negaranya menerapkan pajak yang sangat tinggi hingga 56,95% untuk kategori penduduk dengan pendapatan terbesar lho.

Kok bisa ya? 

Baca JugaNo Kaleng-Kaleng, 10 Negara Ini Pemberi Utang Terbesar Indonesia!

Jawabannya adalah sangat bisa. Masyarakat Finlandia tidak merasa terbebani dengan besaran pajak yang tinggi karena mayoritas wajib pajak di Finlandia merasa mereka mendapatkan banyak manfaat dari uang pajak yang mereka bayarkan. 


 

Peta Finlandia./Canva

Peta Finlandia./Canva


Finlandia memiliki demografi dengan masyarakat kelas menengah yang sangat besar dan minimnya warga kelas bawah.

Meskipun begitu masyarakat kelas menengah di Finlandia cenderung tidak suka memamerkan kekayaan mereka, seperti kata pepatah yang dipegang teguh oleh masyarakat Finlandia yakni 'Kell' onni on, se onnen kätkeköön,' yang artinya 'Jangan bandingkan atau sombongkan kebahagiaan Anda.'

Keunggulan Finlandia yakni berada di bidang pendidikan dan kesehatan jika dibandingkan dengan negara lain. Masyarakat bisa mendapatkan fasilitas pendidikan mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi yang sebagian besar gratis karena didanai oleh pemerintah setempat. 

Layanan kesehatan pun juga sebagian besar diberikan secara gratis bagi masyarakat Finlandia. Uang pajak yang dibayarkan oleh masyarakat Finlandia jelas berkontribusi untuk menciptakan kehidupan yang berkualitas bahkan hingga masa pensiun juga sudah terukur dengan jelas. 

Selain itu tingkat kejahatan di Finlandia juga termasuk rendah. Berdasarkan hasil penelitian dari National Bureau of Economic Research, skala kebahagiaan suatu negara akan tinggi jika tingkat kejujuran dan kepercayaan masyarakatnya juga tinggi.

Masyarakat Finlandia cenderung saling percaya dan sangat menghargai kejujuran, mereka tidak akan mengambil segala sesuatu yang bukan haknya. 
 

Pemandangan danau di Finlandia./Canva

Pemandangan danau di Finlandia./Canva


Alasan lain yang membuat masyarakat Finlandia bahagia yakni kondisi alam yang sangat indah. Finlandia memiliki hutan yang asri hingga danau yang sebening kristal yang dipercaya bisa membuat siapa saja bahagia ketika memandangnya. 

Baca JugaNegara Ini Berikan Kemudahan untuk Permanent Resident, Tertarik?

Nah, kira-kira di Indonesia bisa seperti Finlandia tidak ya? Gimana nih menurut Be-emers? Hehehe

___________________________________________________

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung!