Berapa Usia yang Tepat untuk Merintis Bisnis?

usia untu mrintis bisnis

usia untu mrintis bisnis

Like

"Semuanya hanya pola pikir, jika anda terjebak didalamnya, anda sudah mengirimkan sebuah ucapan perpisahan pada kesempatan anda menjadi seorang pengusaha."


Sering menjadi pertanyaan, sebaiknya di usia berapa untuk memulai bisnis? Banyak yang mengatakan, memulai bisnis jika kondisi keuangan sudah mapan atau tercukupi. Ada pula yang mengatakan, selagi muda, mulailah bisnis.

Mana yang tepat nih?

Mark Zuckenberg, sebagai pemilik Facebook dan sebagai pengusaha muda, secara tidak sadar telah mempengaruhi pola pikir mengenai usia yang tepat untuk memulai bisnis.

Mulai banyak yang berpikir bahwa bisnis sejatinya harus dimulai sejak usia 18-21 tahun, meskipun sebenarnya pebisnis mulai bercahaya dalam kemampuan dan pikiran yang tajam dalam bisnis. Namun, pada usia 35-40 tahun biasanya ilanjutkan dengan meningkatkan kemampuan mengelola bisnis.

Ada pula Colonel Harlands Sanders, pemilik waralaba makanan terbesar di dunia, yaitu Kentucky Fried Chicken (KFC). Ia justru merintis bisnis pada usia 60 tahun.


Sampai saat ini, tidak ada riset yang menghasilkan angka pasti pada usia berapa sebaiknya merintis bisnis, karena setiap usia sudah pasti memiliki keunggulan masing-masing.

Jadi, sebenarnya tidak menjadi masalah di usia berapa untuk memulainya. Tetapi sebenarnya adalah bagaimana memulai itu semua dan seberapa besar atau kecil kegagalan yang dihadapi untuk bisa bangkit lagi.

Jika memilih untuk merintis bisnis di usia muda, maka berikut ini ada beberapa keunggulan:
 

Idealis dan jujur

Sikap ini seharusnya dimiliki oleh semua pengusaha. Namun, bagi pengusaha muda, biasanya masih menggunakan ilmu daripada pengalaman atau pelatihan.

Pengusaha muda masih berorientasi untuk menunjukkan kemunculannya dan aktif di media sosial atau kompetisi entrepreneur.
 

Energi dan semangat

Pengusaha muda lebih memiliki semangat serta energi yang kuat. Energi ini mampu untuk membuat pengusaha mudah lebih tahan banting, serta semangat yang muda.


Kebanggaan berbisnis
Meskipun belum berhasil, namun memiliki bisnis sendiri merupakan kebanggaan tersendiri bagi pengusaha muda. Dengan menghasilkan uang dari bisnisnya. dipastikan merasakan kesenangan dan masih dalam tahap mengejar impiannya.
 

Berpikir positif

Pengusaha muda lebih bekreasi karena selalu berpikir positif untuk mencoba segala hal. Rasa optimis juga membuat mereka cenderung melakukan hal yang nekat ataupun menantang.

Bagi orang lain, hal itu mungkin menakutkan. Namun, bagi pengusaha muda, hal tersebut merupakan langkah baru menuju kesuksesan.

Maka dapat kita simpulkan bahwa pada usia berapapun, kita dapat merintis bisnis. Jika yang lain bisa, mengapa anda tidak?

Kegagalan hanya tahapan sebelum anda naik level selanjutnya. Bukan untuk menghindari kegagalan, tetapi hadapi kegagalan. Lebih baik gagal di awal, daripada gagal di akhir bisnis anda.

Jadi, di usia berapa anda sudah memulai bisnis?

Tulis di kolom komentar yaa...