Mengenal Clean Eating, Pola Makan Bersih Sarat Manfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi pola makan bersih (Sumber gambar: Canva)

Ilustrasi pola makan bersih (Sumber gambar: Canva)

Like

Selama liburan, ada kalanya kita sulit mengontrol makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan seperti fast food, junk food yang berminyak dan berlemak jika terlalu sering dikonsumsi akan mempengaruhi kesehatan dan bisa memicu obesitas.

Lalu bagaimana "membersihkan" tubuh dari makanan berminyak dan berlemak tersebut? Nah Be-emers, ada salah satu cara yang bisa diterapkan yakni clean eating atau melakukan pola makan bersih. 
 

Mengonsumsi makanan sehat/Canva

Mengonsumsi makanan sehat/Canva
 


Clean Eating Adalah... 

Clean eating atau pola makan bersih merupakan pola makan yang bertujuan tidak hanya untuk menurunkan berat badan tetapi juga untuk mengatur asupan makanan yang dikonsumsi.

Cara ini diperkenalkan pertama kali oleh Tosca Roneo pada buku yang berjudul "The Eat-Clean Diet". 

Pada dasarnya, clean eating adalah mengonsumsi makanan berbahan segar dan utuh yang mana makanan tersebut tidak melalui proses pemasakan yang lama.


Baca Juga: Risiko Kesehatan yang Mungkin Terjadi Akibat Kebiasaan Tidur Berlebihan Saat Berpuasa

Contohnya seperti buah-buahan, sayuran, lemak sehat, daging rendah lemak dan biji-bijian. 

Mengapa demikian? Berdasarkan data survei Food and Nutrition Research, tubuh yang mengonsumsi makanan segar memiliki metabolisme yang lebih tinggi dibandingkan dengan tubuh yang mengonsumsi makanan olahan. 

Baca Juga: Mencapai Keseimbangan Fisik dan Spiritual: Tips Supaya Tetap Sehat Selama Puasa

Makanan olahan seperti makanan beku, sosis, cemilan bergaram tinggi dan olahan makanan lainnya yang berpengawet dan tinggi kandungan zat aditif sebaiknya dihindari bagi yang ingin menjalankan clean eating