Mengenal Clean Eating, Pola Makan Bersih Sarat Manfaat untuk Kesehatan

Like

Panduan Memulai Pola Makan Bersih 

Bagi yang ingin hidup sehat, berikut panduan penerapan pola makan bersih yang bisa ditiru oleh pemula, ingat kunci sukses hidup sehat adalah disiplin diri dan dibarengi niat yang kuat.


1. Pilih karbohidrat kompleks untuk sumber makanan pokok 

Contohnya seperti roti gandum, nasi merah, oat, kentang, dan umbi-umbian bisa dipilih menjadi sumber asupan karbohidrat selama menjalani pola clean eating

Pilih karbohidrat kompleks untuk sumber makanan pokok/Canva

Pilih karbohidrat kompleks untuk sumber makanan pokok/Canva


2. Perbanyak asupan buah dan sayur 

Kembali lagi ke tujuan dasar clean eating yakni mengkonsumsi makanan berbahan alami dan segar.

Buah-buahan dan sayur mayur menjadi menu wajib ketika menjalani pola makan bersih. Pilihlah buah-buahan segar untuk dikonsumsi dibanding minuman kemasan rasa buah yang sebenarnya memiliki kandungan gula dan zat pengawet yang banyak. 

Baca Juga: 8 Tips Mengelola Berat Badan Setelah Idul Fitri: Menjaga Keseimbangan Kesehatan dan Kenikmatan
 

3. Mulai mengecek nilai gizi setiap makanan 

Mulai membiasakan mengecek nutrition box yang tertera pada kemasan bahan makanan untuk mengetahui apakah makanan tersebut mengandung tinggi gula atau zat adiktif lainnya.

Pola makan bersih tetap memperbolehkan mengonsumsi gula dan garam namun tetap ada batasannya seperti untuk natrium dibatasi hingga 1.700 miligram per harinya.


Jadi jangan sampai karena tidak aware, pola makan bersih kita jadi tidak optimal karena tidak membatasi asupan gula dan garam dengan baik. 

 

4. Produk organik lebih baik 

Produk organik dikenal sebagai produk yang minim mengandung bahan kimia dan juga aman dikonsumsi bagi yang sedang menjalankan diet.

Pastikan bahan makanan yang akan dikonsumsi memiliki label produk organik. 
 

Asupan air mineral yang cukup/Canva

Asupan air mineral yang cukup/Canva

 

5. Asupan air mineral yang cukup 

Anjuran untuk meminum air mineral sebanyak 8 gelas per hari yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh juga termasuk ke dalam pola makan bersih.

Air mineral mencegah tubuh mengalami dehidrasi dan juga bisa membantu menurunkan berat badan lebih cepat. 

Baca Juga: Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan, Tips Supaya Sehat Optimal!
 

6. Atur jam makan dan porsinya 

Pola makan bersih memiliki jadwal makan 6 kali per hari. Jangan heran dulu, 6 kali setiap harinya merupakan jumlah yang disarankan namun tetap dengan porsi yang kecil.

Pasalnya memakan makanan lebih sering dengan porsi yang sedikit bisa menekan rasa lapar karena tubuh terstimulasi mencerna makanan dengan jeda waktu yang pendek. 

 

Manfaat Clean Eating 

Selain bisa menurunkan berat badan, penerapan pola makan bersih juga bermanfaat untuk menambah energi karena bisa meregulasi gula darah yang akan berefek tubuh tidak akan cepat lapar dan kelelahan.

Lalu manfaat lainnya yakni menjaga jantung tetap sehat karena asupan buah dan sayur yang sarat vitamin yang baik untuk dinding pembuluh darah. 

Dilansir dari laman klikdokter, selain untuk kesehatan tubuh, clean eating juga baik untuk kesehatan mental.

Baca Juga: Sahur Sehat & Bergizi: Jaga Kesehatan dan Aktivitas Ibadah Selama Ramadhan

Asupan omega 3 dan vitamin B6 dari makanan bisa meningkatkan perasaan bahagia dan menjauhkan kita dari gangguan mood dan depresi.

Maka dari itu, yuk mulai sekarang kita terapkan pola makan bersih agar tubuh dan mental tetap terjaga kesehatannya.   



-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung