Chandrika Chika Terjerat Narkoba! Kenali 7 Risiko Penyalahgunaan Narkoba

Like

3. Merusak Gangguan Mental

Penggunaan obat-obatan terlarang bisa memperburuk gangguan mental. Misalnya depresi, kecemasan yang berkepanjangan, linglung, hingga skizofernia.

Bahkan, penggunanya bisa menyebabkan kecanduan yang berkepanjangan.

 

4. Kerusakan Pada Organ Tubuh

Penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ tubuh, seperti paru-paru, jantung, ginjal, hingga otak.

Selain itu penggunaan narkoba pada jenis suntikan bisa meningkatkan penyakit hepatitis B/C hingga HIV/AIDS. 

 

5. Risiko Bunuh Diri

Orang yang menggunakan narkoba cenderung mengalami sikap yang berubah-ubah. Mereka akan kesulitan untuk mengontrol emosinya, karena obat-obatan tersebut dapat mengendalikan dan merangsang kemampuan otak.


Baca Juga: Menyadarkan Bahaya Kecanduan Narkoba bagi Individu dan Keluarga

Obat tersebut dapat membuat pengguna menjadi tenang dan senang, tapi di sisi lain penggunanya akan mengalami rasa cemas hingga tertekan. Hal tersebut dapat memicu tumbuhnya rasa ingin bunuh diri. 

 

6. Terjerat Kasus Hukum

Orang yang jelas-jelas menyalahgunakan narkoba akan dijerat dengan Pasal 127 UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Selain itu, pengguna akan dipidana paling lama 4 tahun dan denda paling banyak senilai Rp800 juta. Ingat, setiap Pasal yang diterapkan tergantung pada faktor, seperti jenis narkoba yang digunakan atau berapa banyak jumlah yang dimiliki.

Baca Juga: China Cap Game Online Sebagai "Electronic Drugs", Saham Tencent dan NetEase Merosot
 

7. Kematian 

Penyalahgunaan obat-obatan terlarang berisiko menyebabkan kematian akibat dari overdosis akibat mengonsumsi obat melebihi batas, kecelakaan (halusinasi), hingga komplikasi penyakit bagi kesehatan (kanker, HIV/AIDS, par-paru, sirosis).



------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung