Cermat Ngatur Uang Sebelum Jadi Pekerja Bergaji Bulanan

Ilustrasi Fresh Graduate (Sumber gambar: Canva)

Ilustrasi Fresh Graduate (Sumber gambar: Canva)

Like

Bagi para fresh graduate, terkadang setelah kelulusan mereka masih ingin menikmati euforia sebelum sibuk berurusan dengan lowongan pekerjaan di kantor idaman.

Namun terkadang jeda istirahat ini memancing perilaku boros karena mereka masih merasa menjadi mahasiswa yang mana semua biaya tidak ditanggung sendiri. 

Nah, menghindari kemungkinan tersebut, berikut ada beberapa tips untuk para fresh graduate untuk mengatur keuangan mereka sebelum menjadi pekerja bergaji bulanan. Fresh graduate mari sini merapat! 

 

1. Hitung Estimasi Pengeluaran Setelah Lulus 

Setelah kelulusan biasanya otomatis kamu sudah dianggap siap menuju level selanjutnya yakni menghasilkan uang sendiri.

Maka di kondisi ini kemampuan kamu mengatur uang sangatlah penting. Mulailah menyiapkan dana untuk kebutuhan seperti melamar pekerjaan, transportasi dan kebutuhan lainnya yang bersifat insidental. 
 

Ilustrasi mengatur keuangan/Canva

Ilustrasi mengatur keuangan/Canva

 

Baca Juga: Belajar Atur Keuangan Ala Suami Nikita Willy, Indra Priawan
 

2. Bikin list prioritas yang penting dan tidak penting 

Kamu bisa membuat daftar pengeluaran dari yang paling penting atau prioritas hingga yang menurut kamu masih bisa ditahan atau dibatalkan.

Hal tersebut bisa membantu kamu untuk terhindar dari perilaku boros atau implusif karena tidak bisa mengontrol pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting. 

 

3. Pantau cash-flow dana pribadi 

Selalu catat pengeluaran dan pemasukan dari dana pribadi untuk mengetahui apakah keuangan kamu ada indikasi defisit atau lainnya. Karena dengan begitu, kamu bisa mengantisipasi semisal ternyata kondisi keuangan kamu ada indikasi tidak sehat. 
 

Dana darurat/Canva

Dana darurat/Canva