Persiapan Buat Calon Atasan Sebelum Naik Jabatan

Ilustrasi good leader (Sumber gambar: Canva)

Ilustrasi good leader (Sumber gambar: Canva)

Like

Ketika jenjang karir membawa kamu pada posisi pemimpin atau leader, maka bukan hanya beban pekerjaan saja yang akan bertambah namun juga tanggung jawabmu sebagai pemimpin tim juga akan dinilai oleh perusahaan.

Maka dari itu sangat penting bagi calon atasan memiliki jiwa kepemimpinan yang tidak hanya soal memegang kekuasaan tetapi juga menguasai pemahaman dan penerapan dalam hal menginspirasi, memotivasi dan mampu membimbing timnya untuk mencapai kesuksesan bersama sesuai dengan visi misi perusahaan. 

Beberapa hal yang wajib dipersiapkan sebelum naik jabatan menjadi seorang atasan antara lain, calon atasan mampu membangun komunikasi yang efektif.

Baca Juga: 10 Juta Gen Z Menganggur, Solusi Apa yang Bisa Ditawarkan?

Seorang pemimpin harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan berbagai pihak seperti anggota tim atau rekan kerja divisi lain, supaya bisa menyampaikan informasi terkait pekerjaan serta mendengarkan ide atau masukan dari anggota yang tentunya bisa membantu menyelesaikan suatu pekerjaan. 


Persiapan lainnya adalah calon atasan wajib memiliki kemampuan berpikir kritis, menganalisa dan menimbang beberapa opsi sebelum mengambil atau membuat suatu keputusan.

Selain itu, pentingnya calon atasan bisa mengelola risiko ketika memutuskan sesuatu supaya meminimalisir dampak yang akan berpengaruh terhadap tim atau perusahaan. 
 

Lingkungan Kerja Nyaman, Harapan Setiap Karyawan/Canva

Lingkungan Kerja Nyaman, Harapan Setiap Karyawan/Canva