6 Langkah Menjadi Orang yang Berwawasan Luas

Like

4. Menonton youtube dan podcast yang bermanfaat

Konten youtube yang bermanfaat antara lain tentang edukasi dan pengetahuan terhadap sesuatu. Bisa juga tema pengembangan diri merupakan pilihan yan sesuai untuk mengembangkan wawasan kita.

Banyak hal yang bisa kita dapatkan dari menonton youtube, asal kita memilih tontonan berupa konten yang bermanfaat.

 

5. Mengikuti pelatihan atau kursus baik secara offline maupun online

Saat  ini banyak pelatihan maupun kursus yang diadakan secara online atau offline, baik berbayar maupun free atau gratis.

Tidak ada salahnya kita mengikuti kursus atau pelatihan, karena akan menambah ilmu dan skill kita sehingga akan menambah wawasan kita.

Baca Juga: Cermat Ngatur Uang Sebelum Jadi Pekerja Bergaji Bulanan


Selain itu mengikuti kursus juga akan menambah relasi atau kenalan, yang mana mempunyai cukup banyak kenalan akan membuat pergaulan kita luas dan banyak hal baru yang kita dapat.

 

6. Tulislah dalam jurnal setiap progress atau sesuatu yang baru kita dapat

Menulis jurnal akan membantu kita untuk meningkatkan proses pembelajaran dan tidak melupakan sesuatu yang sudah kita dapat.

Tidak ada salahnya kita belajar untuk menulis setiap progress atau hasil yang kita dapat. Selain itu menulis jurnal dapat digunakan sebagai bahan evaluasi diri, untuk mengetahui sejauh apa perkembangan kita dan apa yang masih kurang dari diri kita.







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung