Belanja Barang vs Belanja Pengalaman, Kalian Pilih Mana?

Like

Belanja Pengalaman yang Berharga

Beberapa dari kalian juga mungkin ada yang lebih memilih buat belanja pengalaman. Menurut riset, belanja pengalaman bisa memberi kebahagiaan yang jauh lebih signifikan dibandingkan belanja barang.

Pasalnya, pengalaman bisa memberikan kebahagiaan yang cenderung lebih lama. Misalnya kita berencana untuk liburan keluarga ke luar negeri.

Kemungkinan besar dari masa persiapan keberangkatannya saja kita sudah bisa merasakan kebahagiaan dengan menyusun destinasi yang akan kita datangi nanti. 

Lalu dilanjutkan dengan pengalaman langsung saat berlibur. Saat kita mendatangi berbagai destinasi yang kita rencanakan.

Baca Juga: Menerapkan Perilaku Frugal Living Secara Optimal!


Kebahagiannya memuncak. Sudah begitu, kebahagiaan juga bisa muncul dari kenangan setelah pengalaman yang kita lalui.

Rasanya, dengan melihat beberapa foto dan video dari kenangan yang sudah kita lewati benar-benar priceless.

Sebenarnya, memilih belanja pengalaman pun bisa juga buat overthinking. 
Misalnya lihat teman-teman yang bisa jalan-jalan lebih mewah atau sudah terlanjur beli tiket padahal setelahnya ada travel fair.

Yang membedakan antara belanja barang dengan belanja pengalaman adalah efeknya terhadap proses seseorang untuk kembali ke level kebahagiaan awal. Atau yang bisa disebut sebagai hedonic adaptation.

Misalnya, kalau Be-emers baru saja upgrade ke smartphone keluaran terbaru. Tinggal tunggu waktu yang tidak terlalu lama sampai level kebahagiaannya kembali seperti menggunakan smartphone yang digunakan sebelumnya.

Perbedaannya, dalam pengalaman proses seperti kembalinya kebahagiaan ke level awal berjalan jauh lebih lambat.

Mungkin kalian bisa saja merasakan serunya liburan keluarga ke suatu daerah padahal sudah terjadi beberapa tahun yang lalu. Ini yang buat belanja pengalaman lebih terasa membahagiakan bagi orang-orang.

Kalau Be-emers pilih yang mana?







----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung