Perbedaan UKM dengan UMKM, Kamu Termasuk yang Mana?

Like

Jumlah Tenaga Kerja

Faktor jumlah tenaga kerja atau pegawai ini juga merupakan perbedaan yang jelas antara usaha kecil menengah dan UMKM.

Menurut Badan Pusat Statistik, usaha mikro biasanya membutuhkan sekitar 1 hingga 4 orang tenaga kerja.

Sementara jumlah karyawannya akan sangat berbeda dari usaha kecil menengah. Prospek bisnisnya akan sebanding dengan modalnya yang besar.

Oleh karena itu, jumlah tenaga kerja yang diperlukan oleh bisnis kecil menengah juga harus disesuaikan dengan prospek tersebut. 

UKM biasanya memiliki 5 hingga 100 karyawan. Dengan jumlah tenaga kerja yang lebih besar dari usaha kecil menengah (UMKM), diharapkan mereka akan lebih produktif dan menguntungkan.


Baca Juga: Yuk Belajar Pengelolaan Keuangan UMKM Kekinian ala Kelly Patricia
 


Perbedaan Modal

Sebuah UKM memerlukan modal sebesar Rp50 juta untuk didirikan, sedangkan UMKM memerlukan modal sebesar Rp300 juta atau bantuan pembiayaan dari pemerintah.

Namun, alasan mengapa UMKM memerlukan modal awal yang lebih besar? Ini menunjukkan bahwa usaha kecil dan menengah (UMKM) memiliki dampak yang lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. UKM, di sisi lain, dianggap lebih perorangan dan memiliki usaha dan keuntungan kecil.





----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung