Gen Z Boros karena Sindrom Fomo dan YOLO, Dijamin Bikin Sengsara!

Like

Sindrom FOMO dan YOLO menjadi banyak perbincangan oleh Gen Z, karena bisa jadi mereka pengidap dari salah satu sindrom atau bahkan keduanya. Apasih sindrom FOMO dan YOLO?

FOMO atau Fear of Missing Out merupakan suatu rasa takut yang dirasakan seseorang ketika mereka tidak terlibat dalam suatu aktivitas sehingga timbul perasaan tertinggal dalam dirinya. Perasaan ini menjadi faktor utama penyebab seseorang merasa harus mengikuti semua aktivitas lingkungan sekitarnya atau teman-temannya. Mereka berpikir sindorm FOMO dinilai sebagai seseorang kudet yang akan dikucilkan ldi lingkungan pertemanannya.

Adapula sindrom YOLO atau You Only Live Once merupakan suatu rasa yang pada awalnya harus berani untuk mengambil risiko dalam melakukan sesuatu serta jangan sia-siakan kesempatan yang ada dalam kehidupannya, karena "kamu hanya hidup sekali".

Sindrom YOLO ini sebuah tindakan yang tanpa berpikir panjang atau spontan dalam bertindak dalam kehidupan sehari-hari, karena beranggapan bahwa hidup hanya sekali.

Sindrom FOMO merasa cemas bahwa apabila tidak membeli suatu barang atau tidak melakukan suatu aktivitas yang tren, sedangkan sindrom YOLO secara tidak langsung akan membuat melakukan tindakan yang beranggapan bahwa hidup hanya sekali maka harus melakukannya padahal faktanya tidak membutuhkan barang atau aktivitas tersebut.


Baca Juga: Gen Z Gengsi Pakai Android, Lebih Pilih iPhone?

Sehingga sindrom ini berbahaya bagi Gen Z yang akan mengakibatkan generasi ini susah menabung dan hidup boros, karena mereka tak segan untuk mengeluarkan uang hanya untuk memenuhi gaya hidup dan mudah terpengaruh oleh orang lain.

Oleh karena itu, kedua sindorm ini menjadikan individu tidak bisa berpikir rasional karena melakukan tindakan sesuai keinginan tanpa berpikir dampaknya. 

Sobat Be-emers apakah pengidap FOMO dan YOLO? Mudah-mudah itu bukan bagian dari kita sebagai generasi emas.








----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung