Mengenal Coliving: Konsep Hunian Berbasis Komunitas

Cove sebagai communal living yang bisa jadi rekomendasi terbaik untuk kamu - Sumber Gambar: Cove

Cove sebagai communal living yang bisa jadi rekomendasi terbaik untuk kamu - Sumber Gambar: Cove

Like

Tren coliving di Indonesia telah menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Berdasarkan data dari Google Trends, minat terhadap coliving di Indonesia telah meningkat rata-rata 162 persen per tahun selama 5 tahun terakhir. Secara keseluruhan, peningkatan ini kini mencapai lebih dari 40 kali lipat dibandingkan tahun 2019.

Lalu, apa sih yang bikin mereka tertarik tinggal di coliving? Yuk, simak ulasan kami berikut ini!
 

Apa Itu Coliving?

Coliving berasal dari istilah communal living atau hunian berbasis komunitas. Dalam konsep ini, penghuni memiliki ruang pribadi seperti kamar untuk privasi, serta area bersama seperti ruang makan, dapur, atau rooftop yang dapat digunakan bersama dengan penghuni lain. Konsep coliving bisa diterapkan di berbagai jenis properti, lho. Mulai dari apartemen, rumah, hingga yang paling umum di Indonesia, yaitu kos-kosan.

Baca Juga: Menilik Bisnis Kos-Kosan Milik Tjokroaminoto!

 

coliving menjadi tren - sumber gambar: COVE

coliving menjadi tren - sumber gambar: COVE




 

Keuntungan Tinggal di Coliving

1. Fasilitas Bersama untuk Pengalaman Tinggal yang Lebih Seru

Coliving umumnya memiliki fasilitas bersama yang bisa digunakan oleh seluruh penghuninya. Fasilitasnya beraneka ragam, mulai dari fasilitas olahraga seperti gym yang dilengkapi dengan peralatan modern ataupun kolam renang yang bersih dan nyaman.

Ada juga fasilitas yang cocok untuk hangout bareng teman-teman seperti rooftop dengan pemandangan kota, communal area yang nyaman, serta dining area yang dirancang untuk makan bersama dan berinteraksi dengan penghuni lainnya. Dengan fasilitas tersebut, kamu akan menikmati pengalaman yang lebih menyenangkan selama tinggal.
 

2. Lokasi yang Strategis

Biasanya, coliving berlokasi di kawasan yang dekat dengan pusat bisnis atau kampus. Selain itu, ada juga coliving yang berada di dekat area transportasi umum seperti dekat stasiun MRT, KRL ataupun halte. Hal ini tentunya memudahkan para penghuni untuk mencari akses menuju tempat kerja atau kuliah mereka.
 

3. Durasi Sewa yang Fleksibel

Coliving menawarkan durasi sewa yang fleksibel, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penghuni. Mulai dari sewa harian, mingguan, hingga bulanan, coliving memberikan keleluasaan bagi mereka yang memerlukan tempat tinggal sementara atau jangka panjang. Fleksibilitas ini sangat cocok untuk para profesional muda atau mahasiswa yang sering berpindah-pindah.
 

4. Lebih Hemat

Dengan adanya fasilitas bersama, kamu tidak perlu banyak mengeluarkan uang untuk beberapa kebutuhan. Sebagai contoh peralatan dapur. Dengan adanya dapur bersama yang lengkap dengan peralatannya, kamu tidak perlu membeli peralatan dapur sendiri. Peralatan yang ada di dapur bisa kita gunakan kapan saja jika dibutuhkan. Hal ini tidak hanya praktis, tapi juga bisa membuat kamu berhemat, lho!
 

5. Membangun Komunitas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, coliving adalah singkatan dari communal living, dimana kamu tinggal dan membentuk komunitas antar sesama penghuni.

Oleh karena itu, kamu bisa manfaatkan tinggal di coliving sekaligus berkenalan dengan sesama penghuni, berbagi pengalaman, dan bahkan mungkin memulai proyek bersama. Coliving memungkinkan kamu untuk merasa lebih terhubung dan mendukung kehidupan sosial yang lebih menyenangkan.

 

Kegiatan komunitas COVE - Sumber Gambar: COVE

Kegiatan komunitas COVE - Sumber Gambar: COVE

 

Komunitas di Cove

Cove merupakan salah satu contoh coliving operator di Indonesia yang memiliki komunitas dengan pengalaman yang seru. Keseruan itu sudah dimulai sejak penghuni bergabung, Cove akan memberikan welcome greeting untuk memberikan kesan hangat pada penghuni yang baru bergabung.

Penghuni Cove juga menikmati berbagai penawaran istimewa dari mitra brand yang bekerja sama, termasuk dengan Bisnis.com, di mana setiap penghuni Cove bisa mendapatkan diskon spesial 10 persen untuk langganan 12 bulan Konten Premium di Bisnis.com.

Cove juga mengadakan berbagai event yang bisa diikuti oleh setiap penghuninya seperti free haircut, poundfit, zumba, hingga buka bersama di bulan Ramadhan.

Salah satu event yang akan dijalankan bulan Juni ini adalah seminar bersama Bisnis Muda dengan judul "Insider Tips: Strategi Cove dalam Menentukan Segmen Audiens dan Pilar Konten Brand".

Bagaimana, seru kan? Yuk, tinggal di Cove dan dapatkan diskon hingga 15 persen sekarang!