KOL Makin DIlirik untuk Pasarkan Produk, Ini Perannya dalam Bisnis!

Like

2. Reliabilitas tanpa batas

Masing-masing media sosial punya personifikasi beragam dalam bentuk jenis konten, penikmat konten, jam tayang, dan masih banyak analitik lain yang harus dipertimbangkan.

Seorang KOL harus bisa diandalkan dalam menempatkan konten sesuai dengan karakteristik pengikutnya di media sosial masing-masing.

Kadang ada beberapa KOL yang justru diikuti akun-akun anonim sehingga minim interaksi. Maka, pilih sosok KOL yang bisa membuat konten begitu dekat dengan kesehariannya.

Biasanya, mereka mengemas dengan konsep kreatif dan opini yang dibagikan tak terbatas. Contoh konten reels untuk instagram, konten meme untuk facebook, atau konten storytelling untuk X.
     
 

3. Reputasi seimbang antara dunia maya dan dunia nyata

Perusahaan harus memilih KOL yang tak hanya sebatas dikenal dalam dunia virtual saja, sosok KOL juga harus kredibel telah dikenal publik secara luas di dunia nyata.


Keseimbangan reputasi juga harus dilihat seperti apa jejak digital KOL dan attitude terhadap klien saat berada dalam lingkup keseharian.

Sebab kehidupan media sosial hampir sama dengan media lain seperti televisi dan radio kadang ada saja yang masih direkayasa.
        
Dalam memilih KOL, perusahaan tentu harus membuat estimasi anggaran sehingga bisa dapat hasil yang akurat.

Masih banyak pertimbangan dalam menggunakan KOL sebagai ujung tombak mengenalkan produk atau layanan baru ke konsumen.

Bisa juga keterlibatan KOL untuk menyampaikan opini dan pernyataan agar memberi kesan baik bagi suatu merek atau brand. Dengan demikian, kepercayaan terhadap merek atau brand bisa dibangun perlahan.
       
Uniknya, KOL juga dianggap bagian dari strategi word of mouth atau “dari mulut ke mulut”. Ini termasuk strategi pemasaran yang digunakan untuk menyebarkan pesan ke banyak orang secara cepat.

Bila sosok KOL tersebut bisa meningkatkan omset penjualan secara signifikan, bukan tak mungkin akan dijadikan brand ambassador dari brand atau merek yang dipasarkan. 

#Mon-FridayChallengeJuni






----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Punya opini atau tulisan untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Whatsapp Group kami! Klik di sini untuk bergabung